Soal Nuklir, Netanyahu: Iran Bersumpah akan Menghancurkan Negara Saya Setiap Hari

Soal Nuklir Iran, Netanyahu: Iran Bersumpah akan Menghancurkan Negara Saya Setiap Hari
BENTENGSUMBAR.COM - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan kepada Majelis Umum PBB bahwa dunia harus memperbaiki atau menghentikan kesepakatan nuklir Iran.

"Iran bersumpah akan menghancurkan negara saya setiap hari," kata Netanyahu berjam-jam setelah memuji pidato Presiden AS Donald Trump sebagai pidato paling berani yang telah dia dengar selama 30 tahun di PBB.

Netanyahu mengatakan bahwa dunia harus memperbaiki atau menghentikan kesepakatan nuklir Iran, dengan mengatakan bahwa "Saya tahu ada orang-orang yang masih mempertahankan kesepakatan nuklir Iran."

Dia mengatakan bahwa "inilah yang mereka katakan tentang kesepakatan dengan Korea Utara."

"Kita harus menghentikan pembangunan rudal balistik Iran dan menghentikan tindakannya di wilayah tersebut," kata Netanyahu. 

"Saya memiliki pesan sederhana untuk diktator Iran Ayatollah Khamenei - cahaya Israel tidak akan pernah padam." 
Netanyahu menambahkan bahwa, "mereka yang mengancam kita dengan penghancuran membuat diri mereka dalam bahaya."

Netanyahu mengatakan bahwa "selama Iran berusaha menghancurkan Israel, musuh tersebut tidak akan memiliki musuh yang lebih buruk daripada Israel," namun mengatakan "Saya memiliki sebuah pesan kepada orang-orang Iran - kami adalah teman Anda," mengulangi dirinya sendiri dalam bahasa Farsi.

Sementara itu, Presiden AS Donald Trump telah melemparkan keraguan atas kesepakatan nuklir dengan Iran dalam pidato perdana peledak ke PBB.

Trump mengatakan kesepakatan nuklir 2015 yang dinegosiasikan oleh pendahulunya, Barack Obama, "sangat memalukan" dan mengisyaratkan bahwa dia mungkin tidak akan menyetujui kembali kesepakatan tersebut pada saat batas waktu pertengahan Oktober.

Dia berkata, "Saya rasa Anda belum pernah mendengar yang terakhir."

Kesepakatan nuklir Iran ditandatangani dua tahun lalu setelah perundingan ekstensif antara negara teluk Iran dan kekuatan dunia - AS, Inggris, Prancis, China, Rusia dan Jerman.

Sebelumnya, pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, negaranya siap melakukan langkah kuat untuk menghadapi Amerika Serikat (AS) dan sekutunya, termasuk Israil. 

Pernyataan ini datang menyusul kritik dari presiden negara adidaya itu, Donald Trump bahwa Iran melanggar beberapa unsur 'semangat' dalam kesepakatan nuklir.

"Iran akan berdiri teguh dan melawan langkah yang salah oleh rezim berkuasa, termasuk AS mengenai kesepakatan nuklir," ujar Khamenei.

(izam/islamtimes)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »