BNK Goes To Campus, Penggiat Anti Narkoba Dilantik

BNK Goes To Campus, Penggiat Anti Narkoba Dilantik
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam rangka menciptakan kampus “Melek Narkoba”, Badan Narkotika (BNK) Kota Padang melantik 28 orang penggiat anti Narkoba di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mercubakti Jaya, Rabu, 4 Oktober 2017. Penggiat dari civitas akademika tersebut terdiri dari unsur dosen dan mahasiswa. 

Sebelumnya, BNK Kota Padang juga telah melantik penggiat anti Narkoba dari unsur civitas akademika di kampus UIN Imam Bonjol Padang. Seperti yang dijelaskan Ketua BNK Kota Padang H. Ir. Emzalmi, M.Si di beberapa kesempatan, penggiat anti Narkoba memiliki tanggung jawab antara lain, mencegah peredaran Narkoba di lingkungan kampus, mensosialisasikan bahaya Narkoba, serta memotivasi mahasiswa untuk tidak menggunakan Narkoba.

“Jadi, kerjasama BNK Kota Padang dengan perguruan tinggi merupakan upaya untuk mempersempit ruang gerak peredaran dan penyalahgunaan Narkoba di lingkungan kampus. Jangan sampai generasi penerus bangsa rusak karena Narkoba,” terang Emzalmi baru-baru ini.

Sementara itu, Sekretaris BNK Kota Padang, Mursalim, saat mewakili Ketua BNK Kota Padang dalam pelantikan penggiat anti Narkoba di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Mercubakti Jaya, mengatakan, bahaya narkoba saat ini sudah mulai memperhatikan. Tidak hanya merusak kesehatan masyarakat, mahasiswa, namun juga dapat merusak keutuhan NKRI.

"Narkoba sampai hari ini terus dan terus masuk ke Indonesia, baik itu jalur darat, udara mampun laut, maka diupayakan agar melakukan pencegahan sejak dini," tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, pencegahan narkoba tidak bisa ditanggulangi oleh satu orang saja, namun butuh perpanjangan tangan atau agent of change, agar penanggulangan bahaya narkoba dapat terlaksana dengan baik.

"Kampus menjadi salah satu penghasil generasi intelektual terbaik, maka kami butuh kerjasama dari mahasiswa. Agar kampanye anti Narkoba bisa terlaksana dengan baik," tuturnya.

Disisi lain, Wakil Ketua III STIKES Mercubakti Jaya, Zulvita, mengucapkan terimakasih kepada BNK Kota Padang dengan dilibatkannya dosen dan mahasiswa STIKES Mercubakti Jaya sebagai penggiat anti Narkoba.

“Kami sangat antusias dengan kepecayaan yang diberikan BNK Kota Padang. Semoga, seluruh mahasiswa Mercubakti Jaya bisa terlibat langsung mensukseskan program pemerintah terkait antisipasi penyalahgunaan Narkoba,” ujar Zulvita.

Dikesempatan itu, BNK Kota Padang juga menggelar sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang diikuti oleh sekitar 200 orang mahasiswa. Dengan menghadirkan narasumber Kasat Narkoba Polresta Padang, Dinas Kesehatan Kota Padang dan Dosen STIKES Mercubakti Jaya. 

(Joim)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »