PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

IAEA Menekankan Kerahasiaan Data Iran dan Menolak Kritik

Direktur Jenderal IAEA, Yukiya Amano dari Jepang berjalan untuk menyalami Presiden Iran Hassan Rouhani dalam suatu kunjungan ke Teheran, Iran.

IAEA Menekankan Kerahasiaan Data Iran dan Menolak Kritik
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Badan Energi Atom Internasional (IAEA) telah menolak kritik bahwa organisasi di bawah kepemimpinannya "terlalu lunak" terhadap Iran.

Dalam sebuah wawancara dengan The Los Angeles Times, yang diterbitkan pada hari Jumat, 6 Oktober 2017, Direktur Jenderal IAEA Yukiya Amano ditanya apakah para kritikus memiliki alasan untuk menuduh agensi tersebut "terlalu lunak" terhadap Iran.

Para kritik tersebut, Amano mengatakan, "mengeluh bahwa mereka tidak memiliki informasi yang berkaitan dengan Iran, namun mereka juga tidak memiliki informasi mengenai Jerman, Jepang atau Kenya. Ini seperti orang ke dokter. Orang pergi ke dokter dengan pengertian bahwa dia tidak akan mengungkapkan informasi sensitif. "

IAEA dituntut untuk memantau kepatuhan Iran terhadap kesepakatan multilateral antara Iran dan enam negara lainnya, yaitu Inggris, China, Rusia, AS, Prancis, dan Jerman. Di bawah rezim pemantauan yang mengganggu, IAEA telah berulang kali memverifikasi kepatuhan Iran atas kesepakatan tersebut.

Berdasarkan kesepakatan tersebut, Iran telah sepakat akan menerapkan batas-batas tertentu untuk program nuklirnya sebagai imbalan atas penghentian sanksi terkait nuklir oleh Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, Amerika Serikat, dan Uni Eropa.

Pemerintahan baru di AS, yang mengambil alih dua tahun setelah kesepakatan tersebut disepakati, bagaimanapun, telah menentangnya dan sebelumnya telah mendesak IAEA untuk meminta akses ke lokasi militer Iran tanpa alasan yang sah dan dalam upaya untuk merusak kesepakatan. Badan ini telah menahan tekanan itu, sehingga jelas bahwa tidak perlu meminta akses semacam itu "hanya untuk mengirim sinyal politik."

(Sumber: islamtimes.org)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *