PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Menlu Rusia: Dialog Irak-Kurdi Suatu Keharusan

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Menlu Rusia: Dialog Irak-Kurd Satu Keharusan
BENTENGSUMBAR. COM - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada hari Senin, 23 Oktober 2017 meminta dialog antara Kurdistan Irak dan Baghdad, memperingatkan bahwa ketegangan setelah referendum kemerdekaan Kurdi bulan lalu tidak boleh menjadi "sumber ketidakstabilan yang lain."

"Kami memahami harapan orang-orang Kurdi untuk berusaha dan memperkuat identitas mereka, tapi akan benar jika mewujudkan harapan ini melalui dialog dengan pemerintah Irak," Lavrov mengatakan setelah melakukan pembicaraan dengan mitra Irak Ibrahim al-Jaafari.

Dia mengatakan bahwa masalah tersebut harus ditangani "dengan mempertimbangkan kebutuhan untuk menghindari penciptaan sumber ketidakstabilan lain di wilayah ini."

"Kami belum melihat perang, dan kami berharap hal itu tidak akan terjadi antara orang Kurdi dan pasukan pemerintah Irak," Lavrov menambahkan. Dia mengatakan Baghdad tidak "menolak" orang Kurdi, melarang bahasa mereka atau menghancurkan monumen mereka, jadi "semua komponen" ada di tempat bagi mereka untuk mencari tahu bagaimana "tinggal bersama di Irak yang bersatu".

"Kedua pihak harus memutuskan apakah mereka akan terlibat dalam dialog langsung atau jika mereka memerlukan semacam perantara," tambahnya.

(IT)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *