PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Rusia Memveto Resolusi DK PBB tentang Penyeledikan Serangan Kimia Suriah

Rusia telah memveto resolusi rancangan AS.

BENTENGSUMBAR. COM - Moskow telah berulang kali meminta penyelidikan menyeluruh atas serangan kimia di Suriah, khususnya insiden Khan Shaikhoun bulan April yang menewaskan setidaknya 80 orang.

Rusia telah memveto resolusi rancangan AS untuk memperpanjang mandat Mekanisme Investigasi Gabungan Senjata-senjata Perserikatan Bangsa-Bangsa (UN-OPCW) yang bertugas untuk menyelidiki kasus penggunaan senjata kimia yang dilakukan di Suriah.

"Hasil pemungutan suara adalah sebagai berikut: sebelas suara yang mendukung, dua suara menentang, dua abstain. Rancangan resolusi tersebut belum diadopsi karena suara negatif anggota tetap Dewan Keamanan PBB, "Presiden Dewan Keamanan PBB dan Duta Besar Prancis Francois Delattre mengatakan setelah pemungutan suara.

Pemungutan suara tersebut dilakukan sehari setelah Kementerian Luar Negeri Rusia menyatakan bahwa perlu mempelajari laporan Mekanisme Penyelidikan Gabungan OPCW-PBB yang diharapkan akan disampaikan pada 26 Oktober. Namun, AS menegaskan bahwa mandat tersebut harus segera diperpanjang. karena akan berakhir pada tanggal 16 November.

Menurut Moskow, posisi Rusia dalam perpanjangan mandat akan tergantung pada kualitas penyelidikan dan kepatuhannya terhadap Konvensi Senjata Kimia.

(IT)

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *