Wawako Tinjau Bendungan Aia Dingin yang Rusak, Perbaikan Habiskan Anggaran Rp100 M

Wawako Tinjau Bendungan Aia Dingin yang Rusak, Perbaikan Habiskan Anggaran Rp100 M
BENTENGSUMBAR. COM - Bendungan Aia Dingin Koto Tuo telah puluhan tahun rusak akibat banjir bandang, sehingga saluran sekitarnya sebelah kiri rusak berat dan tidak berfungsi. Akibatnya sawah menjadi kekeringan dan kolam-kolam ikan tidak dapat dimanfaatkan masyarakat setempat.

Demikian disampaikan Wakil Wali Kota Emzalmi saat meninjau bendungan yang terletak di Kecamatan Koto Tangah tersebut. Pada kesempatan itu, wawako didampingi oleh UPT Dinas Pekerjaan Umum Pengairan Provinsi Sumatra Barat.

"Bendungan Aia Dingin Koto Tuo ini perlu segera diperbaiki dan kita telah mendesak Balai Sungai Wilayah V Sumatra untuk memperbaiki," ujar wawako, Jumat, 4 November 2017.

Dikatakan wawako, tahun ini perbaikan menghabiskan anggaran Rp100 Milliyar dari APBN, untuk perbaikan sungai Aia Dingin Koto Tuo dan sekalian memperbaiki bendungan yang rusak diterjang banjir bandang.

"Pekerjaanya kita targetkan dalam 2 tahun dan tahun ini sudah dimulai perencanaannya di bulan Desember 2017 dan sekarang sudah dilakukan persiapan-persiapan di lapangan yang akan dikerjakan adalah membuat beberapa Check Dam," cakapnya.

Ia mengatakan, Check Dam berfungsi untuk menahan supaya tidak terjadi pendalaman dan tidak terjadi erosi di dasar sungai dan pengikisan di dasar sungai. Kalau tidak di bangun Check Dam maka bisa mengakibatkan rusak alur sungai.

"Selain Chek dam, perbaikan tanggul sungai juga penting dilakukan. Tanggul sungai itu pun karena sudah terjadi penggikisan dan perlu dinormalisasi dan diluruskan lagi," jelasnya.

Dikatakannya, memperbaiki bendungan Sungai Koto Tuo tidak hanya berfungsi sebagai Check Dam tetapi sekalian berfungsi irigasi. Apatah lagi, di sana terdapat saluran kiri dan kanan yang paling parah itu rusaknya adalah salauran sebelah kiri. Kejadian tersebut mengancam persawahan 3000 Ha yang dialiri, termasuk perikanan.

(by/dp)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »