PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Emzalmi: Mari Teladani Akhlak Rasulullah SAW

Wawako Emzalmi menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Masjid Al Munawwarah Kalumbuk Kecamatan Kuranji, Minggu (17/12).

Emzalmi: Mari Teladani Akhlak Rasulullah SAW
BENTENGSUMBAR. COM - Sebagai Wakil Wali Kota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si., menghadiri Maulid Nabi Muhammad SAW yang digelar Masjid Al Munawwarah Kelurahan Kalumbuk Kecamatan Kuranji, Minggu, 17 Desember 2017.

"Nabi Muhammad SAW adalah seorang nabi dan rasul bagi umat Muslim. Ia menyebaran ajaran Islam untuk seluruh umat manusia, dan mewariskannya kepada umat ini," ungkap wawako. 

Ia menyampaikan, pada usianya yang ke 40, Nabi Muhammad SAW didatangi malaikat Jibril dan menerima wahyu pertamanya dari Allah swt, dan ia menyatakan dirinya sebagai utusan Allah swt.

"Nabi Muhammad SAW memiliki akhlak dan sifat-sifat yang sangat mulia, oleh karena itu hendaklah kita mempelajari sifat-sifat nabi seperti shiddiq, amanah, fathonah, dan tabligh," cakapnya.

Tak hanya itu, urai Emzalmi, Rasulullah terkenal dengan kebaikannya yang tiada tara kepada siapapun tanpa pandang bulu, baik itu terhadap orang yang menghinanya, bahkan musuhnya sekalipun. Hal ini lah yang menjadikan beliau patut menjadi teladan bagi seluruh umat manusia.

"Meskipun nabi terkenal garang ketika di medan perang, gagah dalam menghadapi musuh-musuh Allah SWT, namun ada sifat pemalu dalam dirinya. Sifat pemalu disini dapat dimaknai bahwa nabi selalu malu dalam berbuat hal yang berdosa, berbuat maksiat, berbuat kedzoliman, dan kejahatan lainnya," terangnya.

Dikatakannya, Nabi Muhammad SAW terkenal tegas dalam hal agama dan kedisiplinan kepada Allah SAWT. Tetapi juga memiliki sifat yang sangat lemah lembut, terlebih kepada anak yatim, wanita, dan orang yang kurang mampu. Walaupun terhadap orang yang non-Islam sekali pun.

"Inilah gaya hidup yang harusnya bisa kita contoh dari nabi. Walaupun ia menjadi pemimpin umat Muslim ketika itu, ia terkenal sangat sederhana, karena ia mengajarkan kepada kita untuk tidak hidup secara berlebihan," pungkasnya.

Diriwayatkan bahwa nabi tidur hanya menggunakan alas yang terbuat dari pelepah kurma, yang menyebabkan punggungnya bergaris ketika beliau bangun, ujarnya.

Sementara itu, tausiyah Maulid Nabi Muhammad SAW diberikan oleh Buya Suherdi Malay, S.Pd.i. Ia menyampaikan, hati Nabi Muhammad SAW yang sangat mulia mengajarkan umat untuk rendah hati kepada siapapun, mulai dari orang-orang yang memiliki pendidikan, sampai orang-orang yang berada di bawah sekali pun.

"Rasa kasih sayang ialah salah satu sifat yang menjadikan beliau sukses dalam menyebarkan ajaran islam, Beliau terkenal penuh kasih sayang ke semua orang, terutama kepada fakir miskin dan anak yatim, bahkan kepada binatang sekalipun," jelasnya.

Editor: Zamri Yahya
Penulis: Dedi Prima

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *