PADANG

SUMBAR

Nasional

Parlementaria

Kasus Tanah, Masyarakat Forum Nagari Tigo Sandiang Kembali Blokir Jalan Bypass Padang

Warga Masyarakat yang berada di enam kelurahan di Kota Padang kembali melakukan pemblokiran di jalan Bypass.

Kasus Tanah, Masyarakat Forum Nagari Tigo Sandiang Kembali Blokir Jalan Bypass Padang
BENTENGSUMBAR. COM - Warga Masyarakat yang berada di enam kelurahan di Kota Padang kembali melakukan pemblokiran di jalan Bypass Kelurahan Aia Pacah Kecamatan Koto Tangah Kota Padang, Sumatera Barat Selasa, 27 Februari 2018. 

Aksi yang dikomandoi Forum Nagari Tigo Sandiang ini dimulai sejak pukul 09.00 WIB. Masa berkumpul dan meminta agar polisi jangan berpihak kepada orang yang menguasai tanah mereka secara sepihak. 

"Kami melakukan aksi ini agar Badan Pertanahan Negara (BPN) tidak melakukan pengukuran tanah di sini," ujar Evi Yandri Rajo Budiman, Sekretaris Forum Tigo Sandiang.

Ia menegaskan, seharusnya objek yang sedang berperkara tidak boleh ada upaya pengukuran. Masyarakat sudah mengajukan surat ke BPN agar tidak melakukan pengukuran sampai ada putusan yang inkracht (mempunyai kekuatan hukum tetap, red) dari pengadilan. 

Kasus Tanah, Masyarakat Forum Nagari Tigo Sandiang Kembali Blokir Jalan Bypass Padang
Sekretaris Forum Nagari Tigo Sandiang, Evi Yandri Rajo Budiman dan Kapolresta Padang, Chairul Aziz. 
"Sampai saat ini, belum ada jawaban dari surat kami tersebut. Malah dilakukan pengukuran di lapangan. Anehnya, sampai sekarang BPN tidak hadir, kita sengaja dibenturkan dengan aparat," ungkapnya.

Dikatakan Evi, pihak tidak menginginkan terjadinya pemblokiran jalan Bypass. Namun, saat ini masyarakat berupaya mempertahankan haknya. 

"Saya rasa, kita semua tidak menginginkan ini terjadi. Tapi masyarakat, yang namanya ini tanah kelahirannya, pasti mereka pertahankanlah. Kita akan tetap mempertahankan hak kita," cakapnya. 

Evi mengatakan, tuntutan dari Forum Nagari Tigo Sandiang adalah agar hak-hak masyarakat dikembalikan, sehingga jangan sampai ada penzaliman terhadap rakyat.

"Kami berharap, jangan ada keberpihakan dari aparat," ungkapnya.

Akibat dari aksi massa yang melakukan blokade jalan dan pembakaran ban, arus lalu lintas di kawasan Air Pacah menjadi macet total. 

Ratusan polisi disiagakan untuk mencegah terjadinya aksi anarkis dari warga.

Pemblokiran jalan tersebut dihentikan setelah dilakukan mediasi oleh pihak kepolisian dengan Forum Nagari Tigo Sandiang. 

Kapolresta berjanji untuk mempertemukan kembali antara pihak Lehar, cs dengan masyarakat yang berada di Forum Nagari Tigo Sandiang.

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Dedi Prima

Previous
« Prev Post

Komentar Anda:

Loading...

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *