Nabil Shaath: Jepang Akan Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka

Nabil Shaath: Jepang Akan Akui Palestina Sebagai Negara Merdeka
BENTENGSUMBAR. COM - Kabar mengembirakan bagi rakyat Palestina dan kaum muslimin. Pemerintah Jepang dilaporkan akan segera memberikan pengakuan kepada Negara Palestina dan akan memperbesar sumbangannya kepada Badan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA).

Langkah itu bertentangan dengan sekutu terbesarnya, Amerika Serikat (AS) yang justru memotong dana bantuan bagi UNRWA.

Nabil Shaath, Staf Senior Presiden Palestina mengatakan, Jepang telah menjanjikan dukungan bagi hak-hak rakyat Palestina untuk membentuk sebuah negara merdeka dengan Yerusalem sebagai Ibu Kotanya. Hal itu disampaikan Jepang dalam pembicaraan terakhir yang dilakukan kedua negara.

Dilansir dari Middle East Monitor, Senin, 5 Februari 2018, berdasarkan keterangan Shaath, Jepang akan memulai untuk mengumpulkan tanda tangan dari para anggota parlemennya yang ingin mendesak pemerintah untuk mengakui Negara Palestina. Setelah itu Jepang akan mendirikan perwakilannya di Ramallah dan menyelesaikan proses pengakuan secara penuh.

Shaath mengatakan, banyak pejabat Jepang, termasuk Menteri Luar Negeri, Taro Kono dan anggota parlemen lainnya telah mengumumkan dukungan mereka terhadap digelarnya konferensi perdamaian internasional untuk menyelesaikan konflik Palestina dan Israel berdasarkan resolusi internasional.

Sementara itu, Shaath mengatakan bahwa Jepang telah berjanji untuk meningkatkan dukungannya terhadap UNRWA menyusul pengumuman AS yang menyatakan telah mengurangi bantuannya ke badan kemanusiaan PBB tersebut. Meski begitu, belum ada rincian mengenai kontribusi tambahan yang akan diberikan Jepang kepada UNRWA.

(ibnu/oz)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »