Perhatian Pusat ke Mentawai Semakin Besar, Ini Kata Wagub Nasrul Abit

Perhatian Pusat ke Mentawai Semakin Besar, Ini Kata Wagub Nasrul Abit
BENTENGSUMBAR. COM - Perhatian Pemerintah Pusat untuk percepatan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Mentawai semakin besar. Salah satunya ditandai oleh kunjungan kerja Tim Kementerian Koordinasi Politik, Hukum dan Pertahanan Keamanan (Kemenko Polhukam) ke daerah tersebut. 

"Perhatian akan kondisi pembangunan Kepulauan Mentawai semakin besar, terutama yang sisi keamanan dan pulau-pulau terluar," ungkap Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit saat rapat terbatas dengan beberapa OPD di lingkungan Pemprov Sumbar di ruang rapat Kantor Gubernur, Senin, 19 Maret 2018. 

Dikatakannya, perhatian ini perlu dilakukan karena begitu luasnya laut Mentawai. Namun disisi lain belum ada kapal pengawas yang memadai dalam menjaga setiap waktu. Kepulauan Mentawai merupakan daerah perbatasan Indonesia bagian Barat dengan Samudra Hindia.

"Orang asing bisa saja orang masuk tanpa izin lewat samudra lepas. Walau kemaren waktu kita tanya para turis ini masuk melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM)," urainya. 

Ia mengatakan, Mentawai perlu dimajukan pembangunannya. Selain membuka akses transportasi agar mudah dikunjungi, masyarakat Mentawai harus meningkat pula kesejahteraan agar menjadi tuan rumah di daerahnya sendiri.

Dijelaskannya, tujuan kunjungan kerja Kemenko Polhukam di bawah pimpijan Brigen TNI Yazid Sulistya, S. Sos. MSi., adalah ingin melihat kondisi pulau terluar,  pulau-pulau disisi pertahanan dan keamanan daerah dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Dan kunjungan ini juga sebagai salah satu dukungan dan dorongan Kemenko Polhukam dalam pengembangan dan peningkatan pembangunan di Kepualuan Mentawai. 

"Semoga semua ini menjadi bahan dan peluang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Mentawai," tukuknya. 

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »