Wagub Nasrul Abit Tegaskan Permasalah di Danau Maninjau Harus Segara Dituntaskan

Wagub Nasrul Abit Tegaskan Permasalah di Danau Maninjau Harus Segara Dituntaskan
BENTENGSUMBAR. COM - Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Nasrul Abit menegaskan, permasalahan di danau Maninjau mesti dituntaskan agar lingkungan sekitar danau kembali sehat dan normal, sehingga biota danau Maninjau dapat kembali hidup dan berkembang dengan baik.

Ironisnya, saat ini rencana pembangunan masih terkendala dengan belum adanya lokasi yang ditetapkan untuk menyedot endimen di dalam danau. 

"Untuk tahap ini, kita putuskan agar tim melakukan tinjauan lapangan dimana yang paling memungkin lokasi penempatan penumpukan endimen tersebut jika dilakukan penyedotan,  sehingga tidak terganggu pula kehidupan masyarakat," ujar Nasrul Abit usai memimpin rapat pembahasan permasalah danau Maninjau di ruang rapat kantor Gubernur Sumatera Barat, Senin, 19 Maret 2018.

Hadir dalam rapat tersebut,  Wakil Bupati Agam, Kadis Perikanan,  Kadis Lingkungan Hidup,  Balai Sungai,  Kadis PSDA, Dinas ESDM Pemprov Sumbar. . 

Ia meminta segera dilakukan proses AMDAL terhadap pelaksanaan pembangunan yang akan dikerjakan dalam mengatasi kondisi danau Maninjau saat ini. Sebab, danau Maninjau sudah kelebihan dari kegiatan Keramba Jala Apung (KJA), karena itu penataan ulang dengan perizinan sesuai batas tampung. 

Selin itu, setelah semua kajian dasar ini diselesaikan, baru diusulkan ke pemerintah pusat agar dapat membantu menuntaskan persoalan danau Maninjau agar kembali pulih dan semakin lebih baik dalam penataan ekonomi masyarakat maupun dalam pengembangan pariwisatanya. 

Editor: Zamri Yahya
Laporan: Zardi

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »