Gubernur Sumbar Dukung Anak Muda yang Mau Bertani

Gubernur Sumbar Dukung Anak Muda yang Mau Bertani
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno menegaskan, dirinya mendukung anak-anak muda yang mau bertani. Apatah lagi, anak muda yang mampu memanfaatkan lahan kosong dengan menanam tanaman yang bermanfaat. 

"Kita sangat mendukung anak-anak muda yang mau bertani. Salah satu cara kita bersyukur kepada Allah adalah dengan mengubah dan memanfaatkan lahan kosong  menjadi lahan pertanian," ujarnya yang didampingi Ketua TP PKK Provinsi Sumbar Ny. Nevi Zuairina Irwan Prayitno saat gelar panen raya jagung di lahan pertanian Gempita Buluh Kasok Kabupaten Lima Puluh Kota, Minggu, 22 April 2018.

Menurut Irwan, lahan kosong yang tidak terpakai harus dijadikan lahan pertanian, sehingga menghasilkan nilai ekonomi yang dapat membantu perekonomian keluarga. Ia juga mengharapkan, perbankan memberikan bantuan dana untuk modal kepada Gempita.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan terimakasih kepada TNI, terutama jajaran Korem 032 / WB Sumbar yang tiada lelah mensupport dan membantu program nasional ketahanan pangan di Sumbar. 

"Tanpa bantuan jajaran tentara, saya rasa program nasional ketahanan pangan ini akan sulit terlaksana. Untuk itu kami atas nama masyarakat dan Pemerintah Provinsi Sumbar mengucapkan terima kasih yang tulus dan tak terhingga atas bantuan Bapak Danrem beserta jajarannya menjadikan lahan kosong menjadi lahan produktif. Kerjasama dan koordinasi Korem dengan anak-anak muda, pemda sangat baik sehingga program ini berjalan dengan baik," tukuknya. 

Komandan Korem (Danrem) 032/Wirabraja Brigjen Mirza Agus S.IP., mengajak semua unsur masyarakat yang ada di Sumbar untuk saling bekerjasama untuk menggenjot pertanian. Ia beserta semua staf dan prajurit TNI siap mendukung sepenuhnya program gunernur untuk ketahanan pangan Sumbar.

"Kami seluruh jajaran Korem 032/WB, siap mendukung program ketahanan pangan nasional di Sumbar," tegas Mirza.

Ketua Gempita Lima Puluh Kota, Hendra merasa sangat terbantu dengan program "Jagungkan Lahan Tidur" dari provinsi.

"Gempita Lima Puluh Kota merasa sangat terbantu dengan program Jagungkan Lahan tidur yang merupakan Program dari Bapak Gubernur dan berterima kasih kepada Bapak Danrem atas bantuannya," ujar Hendra

Lahan yang telah digarap oleh Gempita Lima Puluh Kota sampai saat ini berada di empat titik, yaitu di Padang Kandi seluas125 hektar, di Talago Tujuah Koto 12 hektar, di Buluah Kasok seluas 30 hektar, dan  25 hektar di Taram. Tidak sebatas sebagai lahan pertanian saja, lahan Gempita yang berada di Buluah Kasok tersebut juga akan dijadikan sebagai lokasi agrowisata dan akan ditanami duren, jeruk, dan Manggis.

Gempita Lima Puluh Kota Juga akan mendirikan Kios dan membuat Pupuk Organik sendiri untuk mengatasi permasalahan kelangkaan pupuk. 

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Jasman Rizal

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »