PDIP Keluarkan Jurus Redam Hak Angket Iwan Bule

PDIP Keluarkan Jurus Redam Hak Angket Iwan Bule
BENTENGSUMBAR. COM - Fraksi PDI Perjuangan di DPR terus melakukan komunikasi terhadap Partai Demokrat, PKS, Gerindra dan NasDem. Hal itu dilakukan guna meredam rencana hak angket soal pengangkatan Komjen Pol M. Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat. 

"Mengkomunikasikan pada semua fraksi yang ada di DPR," kata Bendahara Fraksi PDIP Alex Indra Lukman kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 21 Juni 2018.

Indra menyatakan, pengangkatan Iwan Bule, sapaan akrab Komjen Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar tidak menabrak UU sebagaimana yang mencuat belakangan ini.

Menurutnya, Iriawan dilantik dalam kapasitas Lemhanas bukan Polri, dan hal itu berlaku pengecualian sesuai PP Nomor 21 Tahun 2002. 

"Ini yang salah tafsir (pada sebagian pihak)," tandasnya.

Bukan Usulan Presiden

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pelantikan Komjen Mochamad Iriawan menjadi penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat bukan berasal dari dirinya.

Jokowi mengaku tidak pernah mengajukan Iriawan untuk duduk sebagai Pj Jawa Barat. 

"Dari bawah. Dari Kemendagri baru ke kita (saya)," kata Jokowi usai meninjau pengerjaan proyek runway Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis, 21 Juni 2018.

Meski begitu, menurut, Jokowi, pelantikan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat telah melalui tahapan dan pengkajian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri.

"Semuanya sudah dalam pengusulan Pj Gubernur Jabar. Saya kira lebih detail, silakan tanya ke Mendagri ya," ujar Jokowi.

PPP Tolak Wacana Hak Angket  

Anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PPP, Ahmad Baidowi mengaku tidak sepakat dengan rencana hak angket pengangkatan Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat.

Menurutnya, rencana hak angket yang digulirkan Gerindra, PKS, dan Demokrat terlalu gegabah.

"Kita Raker (rapat kerja) dulu dengan Mendagri, forum tersebut lebih fair, tidak terlalu dominan nuansa politiknya," kata Baidowi kepada wartawan di Jakarta, Kamis, 21 Juni 2018.

Pasalnya, lanjut Wakil Sekretaris Jenderal PPP ini, semua fraksi yang ada di DPR ingin mendengar argumentasi Mendagri soal polemik pengangkatan Iwan Bule, panggilan akran Komjen Iriawan.

"Sebaliknya jika persoalan dianggap tidak selesai maka bisa diambil langkah lanjutan," tukasnya.

(Sumber: teropongsenayan.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »