Sumbar

HUT Ke-50 BPJS, Gubernur Irwan: Trend Pelayanan Kesehatan di Sumbar Meningkat

          HUT Ke-50 BPJS, Gubernur Irwan: Trend Pelayanan Kesehatan di Sumbar Meningkat
Gubernur Irwan Prayitno dan Walikota Mahyeldi saat menghadiri HUT ke-50 BPJS.
HUT Ke-50 BPJS, Gubernur Irwan: Trend Pelayanan Kesehatan di Sumbar Meningkat
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Provinsi Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengapresiasi kegiatan senam kolosal rangkaian peringatan HUT ke-50 BPJS di halaman Kantor Gubernur Sumatera Barat, Minggu, 29 Juli 2018.

"Tentu saja kegiatan semacam ini kita apresiasi, karena mendorong masyarakat untuk hidup sehat dan memotivasi Gerakan Masyarakat Sehat," ujar Gubernur Irwan.

Hadir pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumatera Barat, Adib Alfikri, Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, dan Deputi Direksi Wilayah Kepwil BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi.

Gubernur Irwan mengatakan, telah lebih dari empat tahun program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang dikelola Badan Pengelola Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan berjalan.

Seiring dengan itu trend pelayanan pembiayaan kesehatan terus meningkat secara nasional, begitupun di Provinsi Sumatra Barat meningkat empat kali lipat pada 2017 dibanding tahun sebelumnya.

"Trend pelayanan kesehatan di Sumbar meningkat karena masyarakat merasakan manfaat BPJS. Beban pembiayaan bukan lagi hal yang merisaukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," kata Gubernur IP.

Sementara itu, Walikota Mahyeldi mengharapkan, kegiatan senam tersebut memotiviasi masyarakat mencintai hidup sehat. 

"Senam bisa menjadi momentum untuk memotivasi masyarakat mencintai hidup sehat," ujarnya.

Ia mengatakan, menjaga kesehatan jauh lebih penting daripada mengobati setelah mendapatkan penyakit. Dengan menumbuhkan kesadaran hidup sehat itu, warga akan selalu termotivasi menjaga kebugaran dan kesehatan tubuhnya.

"Dimulai dari diri sendiri keluarga dan lingkungan," tukas Mahyeldi.

Deputi Direksi Wilayah Kepwil BPJS Kesehatan Sumbagteng dan Jambi, Siswandi mengungkapkan realisasi pembiayaan kesehatan Program JKN-KIS empat tahun terakhir secara nasional telah mencapai kurang lebih Rp. 250 trilyun.

Peningkatan trend pelayanan kesehatan telah mencapai 200 persen. Sedangkan trend peningkatan pembiayaan kesehatan di Sumatera Barat mencapai lebih dari empat kali lipat.

"Trend pelayanan kesehatan di Sumbar juga meningkat empat kali lipat pada 2017 dibanding tahun sebelumnya. Dari realisasi pembiayaan sebesar 500 milyar pada 2014 menjadi 2,2 trilyun di 2017," kata Siswandi.

Siswandi menambahkan, melalui kegiatan ini BPJS mengkampanyekan pola hidup sehat. Cukup dengan menjaga kebugaran secara rutin dapat menjaga kesehatan.

"Betap mudah dan murahnya menjaga kesehatan, dengan melakukan senam rutin setiap pagi sudah menjadikan tubuh bugar dan mengurangi resiko penyakit stroke, hypertensi dan sebagainya," tukas Siswandi.

(by/zd)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari BentengSumbar.com di Google News
Silahkan ikuti konten BentengSumbar.com di Instagram @bentengsumbar_official, Tiktok dan Helo Babe. Anda juga dapat mengikuti update terbaru berita BentengSumbar.com melalui twitter: