Padang Sosialisasikan Promosi Pelayanan KB dan KR Berkualitas dalam SJSN

Padang Sosialisasikan Promosi Pelayanan KB dan KR Berkualitas dalam SJSN
BENTENGSUMBAR. COM - Penjabat (Pj) Sekda Kota Padang, Didi Aryadi menyambut baik digelarnya kegiatan Promosi Pelayanan Keluarga Berencana (KB) dan Keluarga Reproduksi (KR) Berkualitas Dalam Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) Bidang Kesehatan Bersama Mitra Kerja tahun 2018 di Kota Padang. Kegiatan ini dipusatkan di Puskesmas Padang Pasir, Kecamatan Padang Barat, Selasa, 14 Agustus 2018. Acara ini dihadiri Anggota Komisi IX DPR RI, Betti Shadiq Pasadigue, Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar Syahruddin dan Kepala DP3AP2KB Heryanto Rustam serta undangan lainnya.

“Alhamdulillah, semoga kegiatan ini memberikan nilai tambah bagi kita di Padang dalam meningkatkan kesehatan masyarakat yang berkualitas dengan perencanaan-perencanaan yang dilakukan,” harap Didi dalam sambutannya sewaktu mewakili Walikota Padang pada kesempatan itu.

Didi pun menyampaikan Pemerintah Kota Padang melalui DP3AP2KB dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait akan terus mendukung penuh setiap program BKKBN. Seperti diketahui, dalam menurunkan angka kematian ibu dan bayi di Padang dengan lebih memfokuskan pelayanan dan perhatian kepada ibu hamil usia muda. Karena ibu hamil usia muda di Padang cukup banyak..

“Upaya ini seperti dilakukan Puskesmas Padang Pasir yang melakukan terobosan dengan membuat inovasi kelas ibu muda (Imud). Berkat inovasi tersebut Puskesmas ini mampu meningkatkan pelayanan publik sehingga berhasil masuk dalam jajaran ‘Top 99’ Inovasi Pelayanan Publik tahun 2018 bersama daerah lainnya di Indonesia. Inovasi ini mendapat perhatian bersama inovasi yang dilakukan daerah lain,” ungkapnya.

Dikatakannya, alhasil terbukti kelas ‘Imud’ ini dapat menurunkan kematian ibu dan bayi. Karena sejak dimulainya kelas ‘Imud’ ini, kematian ibu di wilayah kerja Padang Pasir tidak ada lagi alias nihil. Begitu juga angka kematian bayi jauh menurun.

“Semoga inovasi ini bisa berlanjut dan dengan inovasi ini diharapkan derajat kesehatan masyarakat khususnya Kota Padang lebih meningkat lagi. Kita juga berharap, melalui kegiatan promosi pelayanan KB dan KR berkualitas dalam SJSN bidang kesehatan kali ini dapat memberikan manfaat khususnya secara maksimal bagi masyarakat,” harapnya lagi.

Sementara itu, Anggota Komisi IX DPR RI, Betti Shadiq Pasadigue menyampaikan, program promosi pelayanan KB dan KR berkualitas dalam SJSN bidang kesehatan tersebut sejalan dengan bidang yang dipegangnya di Komisi IX DPR RI yakni tentang kesehatan dan ketenagakerjaan.

“BKKBN adalah mitra kerja kami di Komisi IX.Kita tentu berharap, program-program yang digulirkan dapat berjalan efektif bagi masyarakat,” imbuhnya.

Terkait program layanan KB anggota DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Sumbar I itu mengatakan, ia pun akan selalu berupaya dari pusat mendukung setiap program yang digulirkan di seluruh wilayah Sumbar. Sebagaimana pelayanan KB diharapkannya jangan sampai terputus, sebab apabila terputus atau tidak berjalan maksimal tentu berdampak terhadap sulitnya mengendalikan jumlah penduduk di Indonesia yang saat ini sudah mencapai lebih kurang 260 juta.

“Dengan meningkatnya jumlah penduduk sebetulnya bisa menjadi bonus jika termanfaatkan secara baik. Tapi jika sebaliknya bisa menjadi beban negara atau pemerintah. Maka itu demi kita semua mari kita sukseskan layanan KB sesuai slogan kita di Ranah Minang yaitunya ‘Duo Anak Rancak Bana’,” ucapnya lagi.

Betti menambahkan, menurutnya untuk suksesnya semua program pemerintah salah satu dalam layanan KB ataupun KR berkualitas sangatlah memerlukan peran aktif masyarakat agar bisa berhasil.

“Tidak hanya dari sisi pemerintahan, masyarakat sebenarnya diminta lebih aktif ikut menunjang program pengendalian laju pertumbuhan penduduk ini, sebab semua kendalinya ada di masyarakat,” tambahnya.

Dalam acara ini, Pemerintah Kota Padang melalui Puskesmas Padang Pasir mendapatkan berbagai bantuan untuk mendukung peningkatan pelayanan dari kunjungan Anggota Komisi IX DPR RI Betti Shadiq Pasadigue yang diterima Kepala Puskemas Padang Pasir dr. Winanda. Kegiatan ini juga dihadiri Camat Padang Barat Eri Sendjaya, unsur Forkopimka Padang Barat, lurah serta tenaga kesehatan dan para kader setempat. 

(David)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »