Akbar Tanjung Soal Politik Genderuwo: Jokowi Lihat Kompetisi Politik Perlu Diperbaiki

Akbar Tanjung Soal Politik Genderuwo: Jokowi Lihat Kompetisi Politik Perlu Diperbaiki
BENTENGSUMBAR. COM - Dewan pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Akbar Tanjung menanggapi ucapan Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal politik genderuwo. Akbar mengatakan, maksud Jokowi banyak politikus yang tidak beretika baik dan kerap menyebarkan propaganda untuk menakut-nakuti masyarakat. Cara politik semacam itu seharusnya tidak dilakukan.

"Kalau genderuwo itu kan dalam bayangan saya istilah jawa, artinya menggabarkan ketakutan. Tapi artinya itu beliau melihat kompetisi perpolitikan kita ini masih ada yang harus diperbaiki," kata Akbar di Kompleks Campaka Putih, Jakarta Timur, Sabtu, 10 November 2018.

Akbar menuturkan persaingan di Pilpres bukan berarti melanggar nilai-nila persatuan dan kebersamaan sebagai bangsa.

"Kita dalam politik itu kan biasa kalau ada kompetisi, untuk mendapatkan suatu jabatan. Namun kompetisi tentu ada nilai-nilai yang harus kita jaga, yaitu berbasis pada nilai nilai nasional kita," ujar dia.

"Terutama pada nilai pancasila, nilai kekeluargaan, kebersamaan, solidaritas, itu salah satu hal yang harus kita jaga. Jadi walaupun ada kompetisi tetap berbasis pada nilai-nilai yang menggambarkan niat ke-Indonesiaan kita," lanjutnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyindir politikus genderuwo , yang menurutnya politikus genderuwo adalah politikus yang menggunakan propaganda tak sehat untuk menakut-nakuti masyarakat.

"Politikus genderuwo itu cara propaganda politik, menakut-nakuti rakyat, menimbulkan pikiran dan ujungnya ketidakpastian," kata Jokowi usai Peresmian Ruas Tol Pejagan-Pemalang seksi III dan IV di Jawa Tengah, Jumat, 9 November 2018. 

(mdk)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »