SUMBAR

PADANG

ADVERTORIAL

Latif
Sumbar

Berkat Basaba, Irwan Prayitno Terima Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018

          Berkat Basaba, Irwan Prayitno Terima Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menerima penghargaan 40 Top Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018.
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye
Berkat Basaba, Irwan Prayitno Terima Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik 2018
BENTENGSUMBAR. COM - Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla,  di Convention Center Jakarta,  Rabu, 7 November 2018.

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, kerja keras seluruh elemen dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Achmad Mochtar dalam meningkatkan pelayanan dengan melakukan terobosan untuk menciptakan inovasi Basaba. Hal ini juga tidak lepas dari peran serta Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan stekholder  serta dukungan  masyarakat.

"Basaba merupakan modifikasi dari Perawatan Model Kanguru PMK yang biasanya dilakukan oleh ibu dalam hal ini dilakukan oleh sang bapak dengan keunikan/keterbaruan di mana Basaba merupakan strategi pemberdayaan bapak dalam perawatan Berat Badah Lahir Rendah (BBLR). Kita juga dapat melihat inovasi Basaba dapat mengurangi kebutuhan terhadap inkubator dan lebih memberikan dukungan psikologis kenyamanan dan kosentrasi energi dalam mempertahankan keberlangsungan hidup BBLR," ungkapnya.

Irwan Prayitno menambahkan, inovasi Basaba juga menerapkan asuhan yang holistik/menyeluruh dan manusia dimana upaya yang dilakukan bersifat kuratif, rehabilitatif di samping itu juga upaya promotif dan preventif di samping itu juga pemenuhan biologi, psikologis dan sosial dari spritual bayi dan orang tua.

Dengan adanya Inovasi juga dapat menekan pengeluaran sampai ratusan juta untuk pengganti inkubator karena cuma membutuhkan kehadiran bapak bayi, inovasi yang bersifat sederhana ini ternyata berarti besar bagi bagi ibu-ibu yang baru melahirkan yang bayinya dikategorikan lahirnya berat badannya yang sangat rendah sekali, jelas Irwan Prayitno. 

"Penghargaan ini tentu merupakan apresisi pemerintah pusat dalam mendorong peningkatan pelayanan pemerintah daerah. Untuk itu,  kita mengajak OPD lain juga melakukan hal-hal inovasi selain meningkatkan pelayanan secara mudah, lancar dan murah,  juga bagaimana masyarakat Sumbar bangga dengan berbagai inovasi ini dalam memajukan pembangunan dan percepatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Zardi Syahrir
Follow us:
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *