Menko Luhut: Perang Dagang Amerika-Tiongkok Untungkan Indonesia

Menko Luhut: Perang Dagang Amerika-Tiongkok Untungkan Indonesia
BENTENGSUMBAR. COM - Indonesia akan memperjuangkan perdagangan yang adil bagi seluruh negara-negara di dunia. Sikap tersebut akan disampaikan dalam pertemuan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Argentina, 30 November-1 Desember 2018 mendatang.

Demikian dikatakan Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan di acara Indonesia-China 5 Years of Comprehensive Strategic Partnership, di Jakarta, Selasa, 27 November 2018

"Dan yang tidak kalah penting, Indonesia juga akan mendorong kepentingan multilateral dan bukan hanya bilateral saja," kata Luhut. 

Di sisi lain, Luhut menyayangkan perang dagang yang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang dinilai merugikan perekonomian Indonesia.

"Menurut hemat kami, trade war itu jangan pula berkepanjangan, karena itu merugikan kita semua, dan terutama pasar negara berkembang akan banyak kena di situ," tuturnya. 

Namun demikian, Luhut mengaku bersyukur dengan kondisi Indonesia lantaran bisa menjadi negara pilihan investasi bagi negara-negara yang terdampak perang dagang tersebut.

"Kita beruntung, Indonesia melihat itu sebagai keuntungan bagi kita. Dikarenakan kita bisa bekerja sama dengan negara-negara yang terdampak trade war untuk merelokasi usahanya ke Indonesia," ujarnya. 

Luhut berharap, sebelum pertemuan KTT G20 digelar perang dagang antara Amerika dan Tiongkok akan mereda.

(rmol)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »