DPRD Padang

PADANG

SUMBAR

Latif
Sumbar

Wagub Nasrul Abit: Kesehatan Gigi Pengaruhi Kesejahteraan Masyarakat

          Wagub Nasrul Abit: Kesehatan Gigi Pengaruhi Kesejahteraan Masyarakat
Wagub Nasrul Abit saat membuka Pertemuan Ilmiah Tahunan PABMI ke-4.
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye
Wagub Nasrul Abit: Kesehatan Gigi Mempengaruh Kesejahteraan Masyarakat
BENTENGSUMBAR. COM -Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit membuka secara resmi Pertemuan Ilmiah Tahunan (PIT) Persatuan Ahli Beda Mulut & Maksilofasial Indonesia ( PABMI) ke-4 di Hotel Grand Inna Padang, Jumat, 23 November 2018.

Bertindak sebagai keynote speker, Wagub Nasrul Abit mengapresiasi acara tersebut sebagai sebuah penguatan dokter gigi dan mulut dalam keprofesionalannya. "Forum PABMI merupakan mitra pemerintah bagian dari kewajiban pemerintah dari sektor pelayanan kesehatan terhadap kesehatan gigi masyarakat," ujar Nasrul Abit.

Hadir dalam kesempatan itu, Ketua Pengurus Pusat PABMI,  Direktur Rumah Sakit M. Djamil Padang,  

Dikatakan wagub, untuk meningkatkan pelayanan kesehatan gigi masyarakat, maka seluruh pemerintah daerah harus menyediakan 15 persen dari dana APBD untuk membiayai sektor kesehatan agar masyarakat terjamin kesehatannya. "Kita sudah menyampaikannya kepada Pak Gubernur, pelayanan kesehatan masyarakat tidak bisa terhenti, pelayanan harus ada obat harus tersedia karena ini tanggung jawab pemerintah. Saat ini pelayanan tidak bisa dicukupkan pada dokter umum semata,  pelayanan kesehatan gigi juga amat mempengaruhi kesejahteraan masyarakat," ujarnya

Wagub Nasrul Abit juga mengingatkan,  dalam meningkatkan pelayanan kesehatan gigi masyarakat,  masih terkendala dengan BPJS seperti di Rumah Sakit Bukittinggi, Solok, dan Pariaman. Untuk itu harus segera dicarikan soluasi alternatif dalam masalah ini. Selain itu, bagi kabupaten yang tertinggal agar memperhatikan sektor kesehatan, sebagai salah satu indikator dan sektor lainnya agar lepas segera kabupatennya terlepas dari status kabupaten tertinggal.

"Guna meningkatkan pelayanan kesehatan gigi masyarakat,  karena kesehatan gigi amat dekat dengan meningkatkan kecerdasan dan mental masyarakat, bupati dan walikota untuk menyiapkan dokter gigi di setiap kabupaten meski perlu honorer atas nama pemerintah kota dan kabupaten," ajak Nasrul Abit. 

Ketua panitia acara Drg. Harfindo Nismal Sp. BM., dalam kesempatan menjelaskan peserta yang hadir sebanyak 549 orang yang terdiri dari  305 ahli bedah mulut dan maksiofasial, 57 dokter umum, 85 residensi mulut. Dan saat ini, dokter spesialis gigi masih sedikit sekali, hanya 4 orang di Sumbar. Tentunya hal ini perlu ditingkatkan dalam menghadapi kebutuhan dan tuntutan masyarakat yang semakin besar, di masa-masa mendatang.

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Zardi Syahrir
Follow us:
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...
Iklan Mastilizal Aye
Iklan Mastilizal Aye

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *