Pengusaha Muda Mesti Siapkan Diri Dalam Persaingan Zaman Milenial

Pengusaha Muda Mesti Siapkan Diri Dalam Persaingan Zaman Milenial
BENTENGSUMBAR. COM - Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, generasi muda Sumatera Barat harus mempersiapkan diri agar bisa mengikuti perkembangan zaman saat ini.  "Zaman milenium yang disebut, datangnya tidak diundang dan jangan kita tergilas dalam persaingan kompetitif.  Kita mengajak generasi muda agar mau terjun dalam dunia bisnis serta selalu berkreativitas dalam memberikan sumbangsih manfaat bagi lingkungan dan masyarakat," ujarnya pada pembukaan Talk Show Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Badan Pengurus Daerah Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPD HIPMI) yang dihadiri juga oleh Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita di Gedung Politeknik Unand, Kamis, 13 Desember 2018.

Gubernur mengharapkan, generasi muda Sumatera Barat yang baru lulus kuliah agar menjadi pengusaha dan jangan sedikit-sedikit berharap ingin menjadi pegawai negeri. "Pemuda kalau ingin sukses mesti berani jadi pengusaha dunia dan akhirat, karena pengusaha itu banyak uang untuk beramal membantu fakir miskin dan bisa naik haji melaksanakan rukun Islam," kata Irwan Prayitno.

Gubernur mengingatkan HIPMI agar lebih banyak berinteraksi antar pemerintah yang lebih baik dan juga memiliki fungsi sebagai mitra yang strategis dengan Pemerintah untuk memberikan yang terbaik dalam rangka memajukan pertumbuhan pembangunan ekonomi di daerah, karena revolusi industri terus berjalan mulai dari revolusi yang pertama hingga saat ini 4.0 (four poin ziro), pengusaha juga harus berbenah dan memperisapkan diri untuk bersaing secara global.

"Di negara-negara maju, mereka memiliki pengusaha yang banyak, semakin banyak generasi muda yang menjadi pengusaha maka Indonesia akan cepat maju," tambah gubernur.

Gubernur menerangkan, pengusaha itu bukan mencari kerja tapi menciptakan lapangan pekerjaan. Pihaknya terus berupaya mendorong generasi muda agar berani menjadi pengusaha.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memberikan motifasi kepada pengusaha muda yang tergabung dalam HIPMI mengajak generasi muda agar mau terjun dalam dunia bisnis serta selalu berkreativitas dan berinovatif di era kompetisi seperti ini, maka para pengusaha harus bisa mandiri.

"Saya dulu juga tergabung dalam HIPMI dan selalu berinteraktif sesama anggota untuk pembangunan negara ini, jangan takut untuk berinovasi, berikan ide-ide terbaik untuk pembangunan negri ini, sehingga saya dapat dipercaya sebagai Menteri Perdagangan di pemerintahan Jokowi. Ada dua sektor potensi perekonomian di Sumatera Barat yang cukup berkembang  cukup besar memiliki kekuatan di sektor pariwisata dan kuliner untuk digarap secara baik maka akan berdampak langsung pada perekonomian di daerah ini," katanya. 

Salah satu yang dimiliki Sumbar adalah masakannya yang dikenal luas dengan sebutan rumah makan Padang yang terkenal lezat dan nikmat. Ini harus dipertahankan terus agar dunia mengenal rendang, maka ada peluang bagi pengusaha kuliner untuk membuka restoran di seluruh dunia. "Saat ini bagaimana sektor ini dapat bergerak dengan baik, pemerintah pusat dan daerah tentu akan terus bersinergi agar usaha masyarakat terus tumbuh dan berkembang," ujar dia.

Selain itu menteri perdagangan mengapresiasi kebijakan gubernur yang mendorong pertumbuhan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) menengah di daerah itu untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Zardi Syahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »