Wagub: Destinasi Wisata Halal Sumbar Masih Perlu Pembenahan

Wagub: Destinasi Wisata Halal Sumbar Masih Perlu Pembenahan
BENTENGSUMBAR. COM - Sumatera Barat masuk 10 besar sebagai daerah Destinasi Wisata Halal di Indonesia,  namun belum beruntung masuk 3 (tiga) besar terbaik nasional dengan nilai 55 hasil Report Of Indonesia Muslim Travel Index (IMTI)  2018. Sumbar berada pada posisi 4 (empat) nasional, sedangkan posisi 1 ditempati Nusa Tenggara Barat (lombok) dengan nilai 58, posisi 2 Provinsi Aceh dengan nilai 57 dan posisi 3 DKI Jakarta dengan nilai 56.

"Potensi  Destinasi Wisata Halal Sumbar untuk menjadi yang terbaik di Indonesia sangat besar,  namun hari ini kita menyadari banyak hal yang mesti kita benahi bersama. Soal sertifikasi makanan halal bagi setiap restoran, pelayan hotel halal, serta memaksimalkan potensi tempat ibadah Masjid Raya Sumatera Barat lebih bermakna sebagai magnet perhatian di Padang," ujar Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit disela-sela acara The Inaugural Report of Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018, bertempat Balairung Soesilo Soedarman Kementerian Pariwisata, Jakarta, Jumat siang, 7 Desember 2018.

Dikatakan Wagub Nasrul Abit, hasil ini akan dibahas dengan OPD terkait serta lembaga instansi yang termasuk dalam mendorong destinasi wisata halal di Indonesia. Untuk lebih maju dan meningkatkan kunjungan wisata,  tentu butuh komitmen bersama-sama pemerintah dan stekholder melakukannya. Potensi besar Sumatera Barat dalam destinasi wisata tanpa dukungan dan kerjasama semua pihak tentu tidak akan berhasil dengan baik. 

"Jika Sumbar mampu menumbuh kembangan destinasi wisata halal dengan baik, tentu kunjungan wisatawan mancanegara akan meningkat pula yang berdampak akan produktifitas masyarakat akan lebih baik dan sejahtera. Kita berharap satu saat destinasu wisata halal Sumbar dapat menjadi yang terbaik di Indonesia, karena itu bahagian dari proses kerjabersama untuk kemajuan Sumatera Barat," ujar Nasrul Abit. 

Saat ini, kata wagub lagi, target kunjungan wisata nusantara itu 9 juta orang, sementara wisata mancanegara 65.000 orang. Banyak orang yang berkeinginan ke Sumatera Barat untuk melihat keindahan alam,  menikmati kuliner, budaya serta karakter masyarakatnya yang religi. Pengembangan destinasi wisata halal amat cocok dengan potensi  dan karakter masyarakat yang ada di Sumatera Barat. Keinginan bagaimana menarik wisatawan muslim di berbagai belahan dunia tentu menjadi tantangan yang mesti dilakukan bersama-sama. Wisatawan Arab Saudi, Timur Tengah, Malaysia, Brunai, India adalah peluang yang cukup baik. 

Menteri Arief Yahya dalam sambutnya juga menyebutkan Sumatera Barat amat berpeluang besar memperbaiki rangking IMTI tahun 2018. Potensi kuliner, budaya muslim masyarakat, ba bangunan masjid-masjid memilik khas yang kuat. Diharapkan Sumatera Barat segera melakukan pembenahan yang lebih baik lagi, karena Kementerian Pariwisata berharap Indonesia menjadi rangking 1 pada tahun 2019 dalam Global Muslim Travel Index, mengeser Malaysia, tegasnya. 

Ketua Tim Percepatan dan Pengembangan Pariwisata Halal Rianto Sofyan menyampaikan,  pemberian penghargaan Destinasi Wisata Halal Indonesia ini dalam rangka mendorong menjadikan Indonesia sebagai Destinasi Wisata Halal terbaik di dunia dan sebagai bentuk tindaklanjut dukungan dalam keikutsertaan peningkatan Indonesia menjadi rangking pertama pada Global Muslim Travel Index (GMTI) di tahun 2019.

Sebagai informasi awal, Kementerian Pariwisata telah melaksanakan Launching IMTI pada 5 Juni 2018 dan telah melakukan penilaian terhadap 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Halal. Dari hasil penilaian tersebut, selanjutnya akan dilaksanakan The Inaugural Report of Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) oleh Menteri Pariwisata yang bertujuan untuk memberikan laporan terkait sejauh mana persiapan yang dilakukan dalam menjadikan Indonesia sebagai peringkat pertama pada GMTI 2019. Sekaligus memberikan penghargaan kepada 4 Destinasi Wisata Halal terbaik di Indonesia berdasarkan pada hasil penilaian Tim IMTI 2018, ungkapnya.

Editor: Zamri Yahya, SHI
Laporan: Zardi Syahrir

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »