Charta Politika Sebut Penolakan Perda Syariah dan Poligami Dongkrak Elektabilitas PSI

Charta Politika Sebut Penolakan Perda Syariah dan Poligami Dongkrak Elektabilitas PSI
BENTENGSUMBAR. COM - Sikap Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menolak Perda Syariah dan menentang poligami memberikan dampak positif. Berdasarkan Survei Charta Politika, partai yang dipimpin oleh Grace Natalie ini mengalami peningkatan elektabilitas dalam dua bulan terakhir.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, peningkatan elektabilitas ini karena PSI memiliki faktor pembeda dengan partai lain. Dimana partai nomor urut 11 ini memberikan perhatian khusus pada segmen anak muda.

"Segmen anak muda selama ini belum pernah digarap secara serius dan khusus. Biasanya kan hanya menjadi bagian dari strategi marketing. Tapi partai ini (PSI) langsung menasbihkan dirinya menjadi partai anak muda," katanya saat dihubungi, Kamis, 17 Januari 2019.

Dia mengungkapkan, faktor pembeda ini sangat menguntungkan PSI. Mengingat secara demografi sangat besar jumlahnya. Kalau bicara sampai umur 37, bisa sampai 84 juta atau 46 persen suara pemilih.

Kemudian, Yunarto menambahkan, sikap PSI yang berani juga menjadi faktor pendongkrak elektabilitas mereka. Sebab akhirnya, dia menjelaskan, PSI mendapatkan dukungan dari golongan minoritas, pluralisme dan moderat.

"Posisi ideologi yang berani ditampilkan oleh mereka, terkait dengan pidato Grace terhadap perda syariah dan penolakan poligami, perlindungan pada perempuan. Inikan segmen-segmen yang biasanya oleh partai lain walaupun partai nasional tapi sangat berhati hati. Nah PSI mengambil sikap yang berani," ujarnya.

Untuk diketahui, berdasarkan Survei Charta Politika, PSI mencapai elektabilitas 1,5 persen. Posisi ini jauh lebih tinggi dibandingkan Hanura, Partai Berkarya dan Partai Bulan Bintang yang masih berada di bawah 1 persen.

Peningkatan elektabilitas PSI meningkat dalam dua bulan terakhir. Dimana pada Oktober, elektabilitas mereka baru 0,9 persen. 

(Source: merdeka.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »