ReallJokowi Siap Lawan Hoax dan Fitnah

ReallJokowi Siap Lawan Hoax dan Fitnah
BENTENGSUMBAR. COM - Gusar melihat maraknya hoax dan fitnah jelang Pilpres, sejumlah elemen masyarakat di Sumatera Barat membentuk ReallJokowi. Singkatan dari Relawan Luak Limopuluah Jokowi.

ReallJokowi, merupakan wadah sejumlah elemen masyarakat arus bawah, yang sudah tidak tahan dengan politik jahat berupa serangan hoax dan fitnah terhadap Presiden Joko Widodo. Ini dinilai menciderai demokrasi dan memantik perselisihan hidup yang berkerukunan.

Baik di media sosial, maupun di sudut-sudut lingkungan. Beranjak dari kondisi itu, gabungan elemen masyarakat, baik bundo kanduang di beberapa nagari, sejumlah niniak mamak, pendakwah, pegiat media sosial hingga mahasiswa asal Payakumbuh-Limapuluh Kota, sepakat membentuk ReallJokowi.

"Kita ingin sampaikan, data nyata, fakta- fakta tentang pak Jokowi. Dosa besar jika kita membiarkan fitnah bertaburan, ini tak boleh. Harus dicegah, kami akan bergerak door to door," sebut Ketua ReallJokowi, Bambang Safari, di Rumah Bako Cafe, Taeh, Limapuluh Kota, Sabtu, 19 Januari 2019.

Bambang Safari, ditunjuk menjadi Ketua ReallJokowi dengan Sekretaris Bundo Hani serta Bendahara Bundo Gani. "ReallJokowi beranggotakan bundo-bundo (ibu-ibu,-red), niniak mamak, alim ulama, cadiak pandai serta ada juga pendakwah," sambung Bambang Safari.

Adapun untuk Wakil Ketua, ada beberapa nama yang akan menggerakan mesin pergerakan ReallJokowi. Mereka, akan mengurusi sejumlah bidang. Ada Bidang SDM, Budaya dan Adat, Perempuan dan Milineal, Agama, Seni dan Ekonomi Kreatif, Pertanian dan Peternakan serta Bidang Pendidikan.

"Kebetulan, pensiunan guru, beberapa purnawirawan, mahasiswa, pegiat media sosial, juga bergabung di sini," sambung Bambang didampingi Wakil Ketua antara Muhammad Yusman, Imron, Ben Pitopang, Datuk Masrizi, serta beberapa lainnya.

Adapun Pembina dan Penasehat ReallJokowi, adalah Muhammad Bayu Vesky. "Berawal dari komunikasi di media sosial, kopdar, dan puncaknya saat peringatan Peristiwa Situjuah yang dihadiri Kepala Staf Kepresidenan pak Moeldoko dan pak Wamen ESDM Arcandra Tahar, kami sepakati membentuk ReallJokowi," jelas Bambang.

Rencana, ReallJokowi akan berposko di Kota Payakumbuh. "Posko, tempat diskusi, itu tengah kami siapkan di Payakumbuh. Kami malah ingin membuat acara, semisal mengundang Capres mengaji. Di Aceh, kan Capres diundang mengaji. Tapi belum digelar, kalau di Aceh Batal, kita coba saja di Sumbar," kata Bambang.

Kenapa mengaji? Menurut Bambang, Sumatera Barat adalah Ranah nan mencetak tokoh tokoh bangsa. Orang alim dan keramat banyak lahir di Sumbar. "Biar hoax tidak menjamur, biar Jokowi tidak dikatakan PKI lagi, atau anti islam dan segala bentuk fitnah keji lainnya, maunya pak Jokowi capres 01 dan pak Prabowo, capres 02, mengaji di Sumbar," sebut dia.

Tahap awal, ReallJokowi akan melakukan sejumlah gerakan di Limapuluh Kota dan Payakumbuh. "Kemudian, kita tidak hanya mau terjebak dalam ruang media sosial semata. Tapi aksi nyata. Melawan hoax dan fitnah, dengan hasil kerja pak Jokowi. Dengan silsilah keluarga pak Jokowi. Apalagi, wakilnya Kyai, ulama panutan, tokoh NU," demikian Bambang.

Sementara itu, Muhammad Bayu Vesky, pembina ReallJokowi mengaku, gerakan melawan hoax dan fitnah harus terus ditabuh. "Ini bukan soal kekuasaan, tapi lebih kepada politik beradab, beretika. Demokrasi itu perlu dibangun dengan sehat. Dengan riang gembira. Kalau pak Jokowi terus terusan dizhalimi, difitnah, masak kami diam. Tidaklah," kata dia.

(Source: okezone.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »