Suara Pria di Hoax 'Surat Suara Tercoblos' 99% Identik Bagus Bawana

Suara Pria di Hoax 'Surat Suara Tercoblos' 99% Identik Bagus Bawana
BENTENGSUMBAR. COM -  Polisi telah mencocokkan rekaman suara (voice note) yang beredar luas di masyarakat tentang hoax 7 kontainer berisi surat suara tercoblos di Pelabuhan Tanjung Priok dengan suara Bagus Bawana Putra, tersangka penyebar hoax tersebut. Hasilnya, 99% rekaman suara itu identik dengan suara Bagus.

"Analisa otomatisasi menggunakan algoritma Gaussian Mixture Model untuk dapatkan sidik suara atau voice print yang kemudian dikomparasi antara sampel suara barang bukti dengan pembanding dengan algoritma Likelihood Ratio," ujar penyidik Puslabfor Polri Kombes M Nuh di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Rabu, 9 Januari 2019.

Dedi menjelaskan, pada analisis otomatisasi, berdasarkan lama bicara atau speech lenght, didapati skor ketajaman analisis atau speaker voice sharpness adalah 1.0.

"Yang artinya, tingkat keyakinan akurasi adalah 99 persen untuk voice print dari masing-masing barang bukti," terang Dedi.

Dalam kasus ini, polisi menetapkan Bagus sebagai tersangka pembuat sekaligus buzzer hoax 7 kontainer berisi surat suara tercoblos. Bagus dinyatakan merekam suara dan menyebarkannya ke platform media sosial, seperti Twitter dan Whatsapp Group (WAG).

Setelah hoax yang dibuatnya viral, Bagus membuang ponsel dan SIM card ponsel-nya. Dia lalu meninggalkan rumahnya di Bekasi untuk melarikan diri ke Sragen, Jawa Tengah. Bagus ditangkap pada Senin, 7 Januari 2019 pukul 02.00 WIB.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »