TKN: Politik Membuat Mata Sudirman Said Rabun

TKN: Politik Membuat Mata Sudirman Said Rabun
BENTENGSUMBAR. COM - Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Kiai Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menilai mata Mantan Menteri ESDM era Jokowi, Sudirman Said rabun oleh politik melihat kenyataan yang telah dilakukan Presiden Joko Widodo dalam empat tahun ini. Sebelumnya, Sudirman mengatakan kebijakan ekonomi Jokowi terkesan hanya untuk menghadapi Pemilu.

"Sudirman Said yang pernah menjadi Menterinya Pak Jokowi, namun politik membuatnya rabun melihat kenyataan. Dalam empat tahun ini, Presiden Jokowi justru banyak melakukan terobosan, melakukan transformasi dalam pembangunan ekonomi yang bisa menjadi fondasi bagi Indonesia maju," ujar Ace di Jakarta, Kamis, 10 Januari 2019.

Menurut Ace, gaya kepemimpinan Jokowi merupakan kepemimpinan yang tidak terjebak dalam rutinitas birokrasi. Selain itu, kata dia, Jokowi bisa keluar dari zona nyaman para teknokrat, namun mampu melakukan lompatan-lompatan yang hasilnya tidak instan dan memiliki dampak jangka panjang.

"Contohnya, kalau hanya memikirkan elektoral maka infrastruktur hanya dibangun di Jawa karena populasi pemilih mayoritas di Jawa. Tapi Pak Jokowi keluar dari kepentingan elektoral semata dengan melakukan percepatan pembangunan infrastruktur yang bersifat Indonesia Sentris, bukan Jawa sentris, di perbatasan, di pulau terdepan dan Indonesia Timur," jelas dia.

Contoh lain, kata Ace, kebijakan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) satu harga di seluruh Indonesia. Menurut dia, kebijakan tersebut mencerminkan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Ace juga mengungkapkan, jika Jokowi hanya ingin mendapatkan keuntungan elektoral, maka Jokowi tidak akan berani mengambil risiko untuk melakukan perubahan fundamental. Namun, dalam empat tahun ini, Jokowi sudah membuktikan melakukan perubahan besar besaran dalam peningkatan daya saing ekonomi, kemudahan berusaha dan membongkar mafia-mafia ekonomi.

"Termasuk di sektor energi dan sumberdaya mineral, Jokowi membubarkan petral. Ternyata setelah tidak jadi Menteri, Sudirman jadi cepat lupa," tutur dia.

Terobosan Jokowi yang lain, kata Ace, adalah reformasi sistem bantuan sosial. Menurit dia, Jokowi tidak hanya dengan memperbesar cakupan penerima manfaat kartu KIP, KIS dan PKH tapi membuat sistem penyaluran lebih efektif dalam empat tahun ini sehingga kemiskinan bisa turun.

"Jangan sampai karena Pak Sudirman sakit hati semua capaian bersama sebagai bangsa justru dinafikan. Sehingga jadi rabun dalam melihat. Jadi pernyataan Sudirman sangat mudah dipatahkan dengan perubahan empat tahun ini," pungkas dia.

(Source: BeritaSatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »