Waspada, Manuver Politik dengan Menyebar Hoaks Akan Berlanjut

Waspada, Manuver Politik dengan Menyebar Hoaks Akan Berlanjut
BENTENGSUMBAR. COM - Ketua DPR Bambang Soesatyo memprediksi manuver politik yang menggunakan modus kabar bohong (hoaks) masih akan berlanjut selama pilpres. Dia meminta masyarakat mewaspadai cara seperti ini akan beredar hingga hari H pelaksanaan Pemilu 2019.

“Karena itu, masyarakat dan semua institusi penegak hukum perlu mewaspadai kecenderungan tersebut,” kata Bambang dalam keterangan, di Jakarta, Minggu, 6 Januari 2019.

Politikus Partai Golkar itu memprediksi, setelah kabar hoaks ditemukan tujuh kontainer berisi surat suara tercoblos, tidak tertutup kemungkinan akan muncul kabar bohong lain yang masih berkait dengan persiapan Pemilu Serentak 2019.

Menurut dia, hoaks cenderung diarahkan untuk mereduksi kepercayaan masyarakat terhadap pelaksanaan Pemilu 2019, sehingga bertendensi mendiskreditkan pemerintah atau calon presiden petahana.

“Respons terukur dari penegak hukum menjadi keharusan agar hoaks seperti itu tidak meresahkan masyarakat, dan juga tidak mengganggu keamanan dan ketertiban umum," ujar dia.

Pria yang akrab disapa Bamsoet itu meminta setiap institusi yang menjadi target hoaks hendaknya memberi reaksi yang cepat, dengan memberikan penjelasan terbuka kepada semua elemen masyarakat. Menurut dia, pimpinan DPR mengapresiasi reaksi cepat yang dilakukan KPU dalam merespons hoaks tentang kontainer berisi surat suara yang sudah tercoblos.

“Apresiasi juga patut diberikan kepada para petugas Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika yang langsung merespons hoaks bermuatan isu tentang tsunami maupun gempa bumi,” tutur dia.

Bamsoet juga mengimbau kepada masyarakat untuk semakin selektif dan bijaksana dalam menyikapi setiap informasi yang beredar di ruang public. Pasalnya, setiap hari ada ratusan bahkan ribuan informasi yang beredar di ruang publik.

(Source: inews.id)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »