PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Pemko Padang Antisipasi Penyebaran Wabah DBD

          Pemko Padang Antisipasi Penyebaran Wabah DBD
Wako Padang Mahyeldi memimpin rapat Koordinasi (Rakor) mengantisipasi penyebaran wabah penyakit DBD.
Iklan Albert
Pemko Padang Antisipasi Penyebaran Wabah DBD
BENTENGSUMBAR. COM - Penyakit demam berdarah dengue (DBD), merupakan penyakit yang menjadi masalah kesehatan di Indonesia yang cenderung semakin luas penyebarannya. Hal ini sejalan dengan meningkatnya arus transportasi, kepadatan penduduk dan adanya perpindahan penduduk dari daerah yang endemis ke daerah non endemis. Di samping itu kasus DBD juga dipengaruhi oleh perubahan iklim dan perilaku masyarakat, sehingga jika lengah terhadap kebersihan lingkungan maka akan mempengaruhi jumlah kasus yang muncul disebabkan gigitan nyamuk Aedes Aegypti itu tiap bulannya.

Menyikapi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) mengantisipasi penyebaran wabah penyakit DBD di Kota Padang, Rabu, 6 Februari 2019. Rapat ini dipimpin langsung Wali Kota Mahyeldi dengan diikuti Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang Feri Mulyani beserta Kepala OPD terkait, Kepala Puskesmas dan Camat se-Kota Padang.

"Kita tentu tidak menginginkan satu pun warga Kota Padang yang terjangkit DBD. Begitu juga hal-hal yang menyebabkan timbulnya wabah penyakit tersebut harus kita antisipasi bersama," ujar Mahyeldi dalam rapat yang dilangsungkan di Palanta Rumah Dinas Wali Kota Padang tersebut.

Mahyeldi pun mengaku menyambut baik upaya dan program yang telah dan akan dilakukan DKK Padang bersama OPD terkait dan berbagai pihak dalam mengantisipasi wabah DBD di Kota Padang. Sebagaimana terdapat 23 Puskesmas yang siap sedia melayani kesehatan masyarakat di 11 kecamatan dengan terbagi di 104 kelurahan untuk mengantisipasi penyakit mematikan itu.

"Untuk itu kepada Dinas Kesehatan melalui Puskesmas dapat melibatkan semua unsur menyikapinya. Sepertinya perlu gerakan massal dalam rangka menumbuhkan kesadaran seluruh warga Kota Padang mengantisipasi wabah DBD. Mulai dari lingkungan rumah tangga, sekolah, masyarakat dan perkantoran. Nanti akan dilombakan siapa yang paling konsisten akan diberi reward khusus,” cetus wako.

(David)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *