Purnawirawan Dukung Jokowi, Pengamat: Pukulan Telak bagi Prabowo

Purnawirawan Dukung Jokowi, Pengamat: Pukulan Telak bagi Prabowo
BENTENGSUMBAR. COM - Para purnawirawan TNI/Polri berkumpul di JI Expo Kemayoran hari ini, 10 Februari 2019. Mereka mendeklarasikan dukungan pada Joko Widodo untuk melanjutkan kepemimpinan sebagai Presiden 2019-2024. Tampak diantaranya para senior TNI AD, Jenderal Pur Wismoyo Arismunandar, mantan KSAD, ada juga Jenderal Pur Soebagyo HS, jenderal Pur Fahrur Rozi, Jenderal Pur Agum Gumelar, jenderal (Pur) Muchdi Pr dan banyak lagi.

Menanggapi dukungan tersebut, Pengamat Intelijen dan Militer Ridlwan Habib menilai dukungan para purnawirawan menjadi pukulan telak bagi kubu Prabowo Subianto. Pasalnya, para senior dan teman Prabowo di militer justru mendukung Jokowi.

"Itu dukungan yang saya kira sangat menyesakkan dada kubu pak Prabowo. Sebab, senior senior dan teman pak Prabowo malah mendukung Jokowi,” ujar Ridlwan Habib di Jakarta, Minggu, 10 Februari 2019.

Menurut Ridlwan, para senior TNI tentu sangat tahu kualitas Prabowo sebagai junior mereka. Apalagi beberapa yang mendukung Jokowi merupakan atasan Prabowo saat masih aktif di militer sehingga paham benar kemampuan Prabowo.

“Dalam tradisi militer, seorang senior berperan sebagai Abang, kakak asuh, sekaligus pelatih bagi adik angkatannya. Ini seniornya saja tidak percaya pada Prabowo dan justru mendukung Jokowi yang sipil," kata Ridlwan.

Ridlwan menjelaskan dukungan ribuan purnawirawan yang tergabung dalam tiga induk organisasi itu berdampak signifikan. Menurut Ridlwan dukungan tersebut bisa mendongkrak elektabilitas Jokowi-KH Ma’ruf Amin.

"Mereka mempunyai jejaring yang luas dan solid. Jadi, dukungan mereka sangat bisa berdampak besar," pungkas Ridlwan.

Para purnawirawan TNI AD yang mendukung Jokowi bergabung dalam induk organisasi relawan Cakra 19, purnawirawan TNI AU pada relawan Elang 01 dan purnawirawan TNI AL melalui relawan Jala Nusantara.

(Source: BeritaSatu.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »