PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Resmi, Indonesia Mencalonkan Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032

          Resmi, Indonesia Mencalonkan Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032
Indonesia Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2032.
Resmi, Indonesia Mencalonkan Diri Sebagai Tuan Rumah Olimpiade 2032
BENTENGSUMBAR. COM -  Indonesia resmi mencalonkan diri sebagai tuan rumah Olimpiade 2032. Penyerahan surat pencalonan sendiri dilakukan oleh Dubes RI Bern, Muliaman D. Hadad di Bern, Swiss pada 11 Februari 2019 lalu.

Dubes dalam keterangannya Selasa, 19 Februari 2019 mengatakan, menyerahkan surat asli Presiden Jokowi itu diberikan kepada Presiden International Olympic Committee (IOC), Mr. Thomas Bach, di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss.

"Surat Presiden Jokowi itu menyatakan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade tahun 2032," tutur Dubes Muliaman.

Dubes RI Bern menyampaikan, pencalonan diri ini menjadi kesempatan baik untuk menunjukkan kemampuan ekonomi Indonesia, utamanya sebagai negara berpenduduk terbesar ke-4 di dunia dan anggota G-20.

“Tentu saja pengalaman Indonesia di tahun 2018 lalu patut menjadi bahan pertimbangan,“ ujar Dubes RI Bern.

Mr. Christophe Dubi selaku Executive Director IOC menyampaikan respon positif terhadap aplikasi Indonesia tersebut.

“IOC sudah mengakui kapabilitas Indonesia pada saat penyelenggaraan Asian Games dan Asian Paragames 2018 yang berjalan sukses. Kami rasa ini menjadi fondasi yang cukup kuat,“ tutur Christophe Dubi.

Proses pemilihan tuan rumah Olimpiade 2032 akan dilaksanakan selambat-lambatnya pada tahun 2024.

Tokyo, Paris, dan Los Angeles kini telah ditetapkan sebagai tuan rumah Olimpiade berturut-turut pada tahun 2020, 2024, dan 2028.​

Diketahui sebelumnya, Presiden RI Jokowi secara lisan telah menyampaikan keinginan Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade kepada Mr. Thomas Bach ketika kunjungan beliau ke Indonesia tahun 2018 lalu.

Saat itu, Mr. Thomas merespon positif, terlebih setelah kesuksesan Indonesia selama perhelatan Asian Games dan Asian Paragames 2018.

Sementara itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan surat pengajuan tersebut sudah dikirimkan kepada Presiden IOC Thomas Bach di Sekretariat IOC, Lausanne, Swiss. 

"Dulu waktu ketemu Ketua Olimpiade disampaikan bahwa kita memiliki keinginan untuk ikut, suratnya sudah dikirim," kata Jokowi di Ecovention Ocean Ecopark Ancol, Jakarta Utara, Rabu, 20 Februari 2019.

(Source: kontan.co.id)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *