PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Luas Lahan Milik Prabowo di Kaltim Hampir Sama dengan Luas Lahan Freeport

          Luas Lahan Milik Prabowo di Kaltim Hampir Sama dengan Luas Lahan Freeport
Lahan Freeport. Luas Lahan Milik Prabowo di Kaltim Hampir Sama dengan Luas Lahan Freeport.
Luas Lahan Milik Prabowo di Kaltim Hampir Sama dengan Luas Lahan Freeport
BENTENGSUMBAR. COM -  Luas lahan milik Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto di Kalimantan Timur mencapai 220.000 hektare (ha). Luas lahan itu ternyata lebih besar dari luas lahan gunung emas Grasberg milik Freeport Indonesia yang mencapai 212.000 ha.

Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo mengungkapkan bahwa Prabowo Subianto memiliki lahan yang sangat luas. Jokowi menyatakan, bahwa Prabowo memiliki lahan 220.000 hektare di Kalimantan Timur dan dan sebanyak 120.000 hektare di Aceh.

Pernyataan Jokowi disampaikan untuk menanggapi kritik Prabowo soal banyaknya lahan yang dibagikan kepada rakyat, tetapi lahan untuk pertanian tidak bertambah, sehingga Prabowo khawatir negara akan kekurangan lahan untuk bertani.

Prabowo mengakui soal kepemilikan lahan ini. Meski begitu dia bilang lahan tersebut berupa Hak Guna Usaha (HGU), yang sewaktu-waktu bisa dikembalikannya ke negara.

"Tadi disinggung tentang tanah yang katanya saya kuasai ratusan ribu di beberapa tempat. Itu benar, tapi itu adalah HGU. Itu adalah milik negara. Jadi, setiap saat, setiap saat negara bisa ambil kembali. Dan kalau untuk negara saya rela mengembalikan itu semua. Tapi dari pada jatuh ke orang asing, lebih baik saya yang kelola. Karena saya nasionalis dan patriot," kata Prabowo menjawab kritikan Jokowi saat debat Capres, Minggu, 17 Februari 2019.

Saat dikonfirmasi Juru Bicara Freeport Indonesia Riza Pratama mengatakan bahwa luas lahan gunung emas Grasberg yang memang mencapai 212.000 ha. "Iya," ucapnya singkat, Selasa, 19 Februari 2019.

(Source: kontan.co.id)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *