PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo-Sandi Dekati Jokowi-Amin

          Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo-Sandi Dekati Jokowi-Amin
Pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden, Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga Uno.
Survei Indomatrik: Elektabilitas Prabowo-Sandi Dekati Jokowi-Amin
BENTENGSUMBAR. COM - Elektabilitas dua pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden pada Pemilu 17 April mendatang saling kejar-mengejar. Hasil survei terbaru dari lembaga survei Indomatrik menunjukan tingkat elektabilitas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno terus meningkat.

Prabowo-Sandi meraih elektabilitas 44,04 persen. Hanya selisih 3,93 persen dari pasangan nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) dan Ma'ruf Amin sebesar 47,97 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan (swing voter) mencapai 7,99 persen.

Hal itu disampaikan Direktur Riset Lembaga Survei Indomatrik, Syahruddin YS dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat, 15 Februari 2019. Menurut Syahruddin, naiknya elektabilitas Prabowo-Sandi karena responden menginginkan adanya perubahan. Kemudian Prabowo-Sandi dianggap mampu memperbaiki ekonomi, membawa Indonesia lebih baik, dan berkarakter tegas serta berwibawa. "Selisih di angka 3,93 persen karena dampak penilaian masyarakat terhadap rendahnya kinerja Jokowi yang tidak sesuai dengan janji kampanye 2014," ujar‎ Syahruddin.

Dia menambahkan keunggulan elektabilitas di bawah 10 persen bagi incumbent sangat riskan. Pasalnya waktu yang masih tersisa dua bulan ke depan merupakan peluang dan kesempatan bagi Prabowo - Sandi untuk mengejar.

‎‎"Hasil sangat ketat ini sebagai modal bagi Prabowo - Sandi dan Jokowi – Ma’ruf untuk bersaing lebih keras lagi dalam mencari simpati masyarakat dalam memenangkan Pilpres pada 17 April mendatang," tutup Syahruddin.

Ia menjelaskan survei dilakukan pada tanggal 21-26 Januari 2019 dan dilaksanakan secara proporsional di 34 provinsi. Responden merupakan para pemilih yang telah berusia 17 tahun dan terdaftar di KPU sebagai pemilih. Jumlah responden sebanyak 1.800 orang dengan penentuan secara acak atau random. Tingkat kesalahan (margin of error) 2,8 dengan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen. Penarikan sampel dilakukan dengan Metode multistage random sampling.

(Source: BeritaSatu.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *