Survei CSIS: PDIP Juara, Papan Tengah-Bawah Diprediksi Sengit

Survei CSIS: PDIP Juara, Papan Tengah-Bawah Diprediksi Sengit
BENTENGSUMBAR. COM -  Center for Strategic and International Studies (CSIS) merilis hasil survei terbaru mereka terkait elektabilitas partai politik di Pileg 2019. Survei ini menunjukkan PDIP masih unggul di atas partai lainnya, kemudian Gerindra dan Golkar masih konsisten berada di bawahnya.

Survei tersebut dilakukan CSIS pada periode 15-22 Maret 2019. Margin of error survei plus minus 2,21 persen dengan tingkat kepercayaan 95%.

Survei menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jumlah sampel 1.960 responden yang dipilih secara acak bertingkat mewakili 34 provinsi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka menggunakan kuesioner. Dana survei ini berasal dari Yayasan CSIS.

Dalam survei itu, elektabilitas PDIP terekam sebesar 25,9 persen, diikuti Gerindra 13,3 persen dan Golkar 9,4 persen. Sedangkan partai dengan 2 suara terendah ditempati Garuda dan Berkarya dengan perolehan 0,1 persen.

Meski begitu, CSIS menilai perubahan dukungan akan tetap terjadi terutama di partai menengah dan kecil. Sebab, dalam survei ini responden yang merahasiakan pilihannya masih tinggi.

"Perubahan dukungan pemilih dan perolehan suara partai terutama di partai menengah dan kecil, diperkirakan masih mungkin terjadi. Hal tersebut dipengaruhi karena masih cukup tingginya responden yang merahasiakan pilihan survei dilakukan. Kampanye dan mobilitas caleg juga akan diperkirakan akan membuat konstelasi berubah terutama di partai menengah dan kecil," jelas peneliti CSIS, Arya Fernandes saat memaparkan hasil survei di Hotel Fairmont, Jalan Asia Afrika, Jakarta Selatan, Kamis, 18 Maret 2019.

Berikut hasil survei CSIS untuk partai politik :

PDIP: 25,9 persen
Gerindra: 13,3 persen
Golkar: 9,4 persen
PKB: 7 persen
Demokrat: 5,5 persen
PKS: 4,6 persen
Nasdem: 4,3 persen
PPP: 3 persen
PAN: 2,5 persen
Perindo: 1,1 persen
Hanura: 0,8 persen
PSI: 0,5 persen
PBB: 0,4 persen
PKPI: 0,2 persen
Garuda: 0,1 persen
Berkarya: 0,1 persen
Belum menentukan pilihan: 3,2 persen
Tidak menjawab/rahasia: 18,2 persen.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »