PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

TKN Minta Sosok Purnawirawan Pakai Mobil Berpelat TNI Untuk Acara Prabowo Diungkap

          TKN Minta Sosok Purnawirawan Pakai Mobil Berpelat TNI Untuk Acara Prabowo Diungkap
TNI Angkat Bicara Terkait Video Mobil Pembawa Logistik di Kampanye Prabowo.
TKN Minta Sosok Purnawirawan Pakai Mobil Berpelat TNI Untuk Acara Prabowo Diungkap
BENTENGSUMBAR. COM - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf meminta TNI transparan mengungkap identitas purnawiran pemilik mobil menggunakan pelat dinas TNI untuk kampanye Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. TKN mendesak mengusut tuntas kasus tersebut.

"Saya kira TNI betul-betul lah mengusut kasus ini karena ada indikasi pelanggaran dalam hal ini ketidaknetralan karena menggunakan pelat nomor TNI," kata Direktur Komunikasi Politik TKN Jokowi- Ma'ruf Amin, Usman Kansong saat dihubungi merdeka.com, Sabtu, 23 Maret 2019.

Menurut Usman, ada indikasi dua pelanggaran dalam kasus tersebut. Pelanggaran pertama dugaan penggunaan pelat nomor polisi yang bukan ditempatkan pada posisinya. Kedua mengenai status pemilik mobil yang merupakan purnawiran TNI tetapi masih bisa menggunakan kendaraan dinas militer.

"Katanya pelat nomor yang digunakan tidak sesuai tetap juga pelanggaran dari sisi lalu lintas. Kedua dari sisi militer itu juga pelanggaran menunjukkan ketidaknetralan karena itu kan katanya purnawirawan sudah tidak pakai kendaraan dinas kok bisa itu diambil atau dipinjam atau enggak tahu itu harus diselidiki tingkat kesalahannya kok masih bisa mengendalikan," kata Usman.

Sebelumnya, Komisoner Badan Pengawas Pemilu Rahmat Bagja mengatakan mobil berpelat TNI diduga terkait kampanye Prabowo-Sandi, adalah milik purnawirawan. Pihaknya kini tengah menyelidiki lebih dalam soal peranan mobil tersebut.

"Sudah ketahuan yang pakai mobil, bukan perwira aktif purnawirawan. Masih dalam penyelidikan dan ada orangnya sedang diproses," kata Bagja di Kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, 22 Maret 2019.

Terpisah, penjelasan pihak Mabes TNI menyebut mobil berplat militer tersebut tidak sesuai dengan nomenklatur resmi. Tercatat, dalam video beredar, jenis mobil diketahui tipe SUV, sedangkan data TNI menyebut plat terkait adalah mobil tipe sedan.

"Yang mana data di registrasi militer dalam hal ini Mabes TNI, (mobil tersebut seharusnya) berjenis Mitsubishi Lancer," ujar Komandan Polisi Militer (Danpom) TNI Mayjen Dedy Iswanto di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, siang tadi.

Saat ini, POM TNI juga tengah menyelidiki bagaimana pelat nomor tersebut bisa digunakan di mobil Pajero dan berada di tempat kegiatan salah satu kandidat Pilpres 2019.

Sementara itu, Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga mengaku tidak tahu tentang viral mobil berpelat dinas TNI mengangkut logistik di acaranya. BPN menegaskan tidak pernah menggunakan fasilitas negara untuk giat tim kampanye.

"Kita tidak tahu tentang kejadian tersebut. Acara apa? Mobil siapa? Pelat nomor dari mana? Milik siapa? Itu kan nanti ketahuan kalau memang belum," ujar juru bicara BPN Ahmad Riza Patria saat dikonfirmasi wartawan.

(Source: merdeka.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *