PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

KPU Bekasi Akui Angkut Surat Suara Pakai Truk Bak Terbuka Tanpa Pengawalan

          KPU Bekasi Akui Angkut Surat Suara Pakai Truk Bak Terbuka Tanpa Pengawalan
KPU Kota Bekasi kedapatan sempat mengangkut surat suara yang telah dilipat menggunakan truk bak terbuka.
KPU Bekasi Akui Angkut Surat Suara Pakai Truk Bak Terbuka Tanpa Pengawalan
BENTENGSUMBAR. COM - Komisi Pemilihan Umum Kota Bekasi kedapatan sempat mengangkut surat suara yang telah dilipat menggunakan truk bak terbuka. Ironisnya, pengangkutan dari titik pelipatan ke gudang logistik tak mendapatkan pengawalan dari aparat kepolisian.

"Ke depan hal-hal seperti ini kami pastikan tidak akan terulang lagi. Tentu ini akan menjadi bahan koreksi dan evaluasi untuk kami," kata Ketua KPU Kota Bekasi, Nurul Sumarheni, Sabtu, 23 Maret 2019.

Nurul menjelaskan, pengangkutan surat suara dengan truk bak terbuka terjadi pada Selasa, 19 Maret 2019 lalu. Truk membawa dokumen negara itu dari kawasan GOR di Jalan Ahmad Yani menuju ke gudang logistik KPU di Duren Jaya, Bekasi Timur.

Truk yang membawa surat suara untuk Pemilu Dapil ganjil Kota Bekasi tanpa ditutup. Sehingga, surat suara yang dimasukkan ke dalam karung terlihat jelas oleh pengguna jalan. Hal ini sempat menjadi perbincangan di kalangan masyarakat yang melihatnya.

"Jadi, hari Selasa 19 Maret, karena harus mengosongkan sebagian ruang untuk penerimaan surat suara DPD RI provinsi Jawa Barat, kami meliburkan kegiatan sortir dan pelipatan selama setengah hari dan meneruskan transfer surat suara ke gudang," ujar dia.

Agar mempercepat proses transfer, pihaknya menambah armada dengan menyewa truk terbuka. Menurut dia, telah dipesankan kepada petugas agar surat suara dimuat ke badan truk tidak melebihi tinggi badan truk dan harus ditutup dengan terpal. Terpal yang akan digunakan untuk menutup juga sudah tersedia.

"Sayangnya, petugas lalai tidak melaksanakan perintah ketua divisi logistik dan sekretaris KPU Kota Bekasi. Yang bersangkutan sudah mengakui kelalaiannya," ujar dia.

Ia menambahkan, setelah mendapat kabar bahwa truk diangkut tanpa penutup, pihaknya segera menghentikan proses pengiriman surat suara menggunakan truk dan melanjutkan dengan dua mobil boks sebagaimana biasa.

"Saat ini kami pastikan seluruh logistik perlengkapan pemungutan dan penghitungan suara di TPS tersimpan dalam keadaan baik dan aman di Gudang KPU Kota Bekasi," ujar dia. 

(Source: merdeka.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *