Kebakaran Melanda Kompleks Al-Aqsa Saat Katedral Notre-Dame Dilalap Api

Kebakaran Melanda Kompleks Al-Aqsa Saat Katedral Notre-Dame Dilalap Api
BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah kebakaran terjadi di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada Senin, 15 April 2019 waktu setempat. Kebakaran di kompleks Masjid Al-Aqsa ini terjadi pada momen yang sama saat Katedral Notre-Dame di Prancis juga sedang dilalap api.

Seperti dilansir The Guardian dan Newsweek, Selasa, 16 April 2019, kebakaran yang melanda kompleks Masjid Al-Aqsa dilaporkan lebih kecil dari api yang melalap Katedral Notre-Dame. Kebakaran yang terjadi pada Senin, 15 April 2019 malam waktu setempat itu juga dilaporkan telah bisa dikendalikan.

Penyebab kebakaran ini tidak diketahui pasti. Namun laporan Palestine News Agency, kantor berita resmi Otoritas Palestina, melaporkan bahwa api pertama muncul dari bagian atap sebuah gedung yang disebut Ruang Salat Marwani.

"Api muncul di dalam ruang petugas keamanan di luar atap Ruang Salat Marwani," sebut Palestine News Agency dalam laporannya, yang mengutip petugas keamanan setempat. 

"Brigade pemadam kebakaran Wakaf Islam berhasil menangani kebakaran ini," imbuh laporan Palestine News Agency

Ruang Salat Marwani diketahui terletak di bagian bawah sebelah sudut tenggara kompleks Haram al-Sharif yang juga disebut sebagai Temple Mount. Terdapat Dome of the Rock dan Masjid Al-Aqsa di dalam kompleks yang disucikan oleh tiga agama tersebut.

Dalam keterangan terpisah kepada televisi Yordania, Al-Mamlaka TV, Direktur Jenderal Departemen Urusan Masjid Al-Aqsa dan Wakaf Yerusalem, Sheikh Azzam al-Khatib, menyebut api muncul di bagian halaman kompleks Masjid Al-Aqsa. Informasi awal, sebut Al-Khatib, api mungkin dipicu oleh anak-anak yang bermain di area tersebut.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »