PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Lawatan ke Jepang, Gubernur Irwan Sempatkan Diri Kunjungi Masjid Kobe

          Lawatan ke Jepang, Gubernur Irwan Sempatkan Diri Kunjungi Masjid Kobe
Gubernur Sumatera Barat, Prof. DR. Irwan Prayitno dan rombongan menyempatkan diri mengunjungi Masjid Kobe, Jepang.
Lawatan ke Jepang, Gubernur Irwan Sempatkan Diri Kunjungi Masjid Kobe
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam lawatannya ke Negeri Sakura, Jepang beberapa waktu lalu, Gubernur Sumatera Barat, Prof. DR. Irwan Prayitno menyempatkan diri mengunjungi Masjid Kobe. 

"Masjid yang terletak di di Distrik Kitano, Kobe ini memiliki arsitektur bangunan bergaya Turki tradisional. Arsitek dari Masjid Kobe tersebut bernama Ceko Jan Josef Svagr, seorang arsitek yang juga membangun sejumlah bangunan pribadatan barat di seluruh Jepang," ujar Irwan, sebagaimana dikutip dari laman resmi @IrwanPrayitnoOfficial, Minggu, 31 Maret 2019.

Saat ini, kata Irwan, Masjid Kobe dikenal karena merupakan satu-satunya bangunan yang tidak hancur meskipun dihantam oleh Bom dan Gempa. Pada tahun 1945 saat terjadi Perang Dunia II, setelah Jepang menyerang Pearl Harbour di Amerika, pihak Amerika membalas dengan menjatuhkan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima. 

"Saat itu Kobe juga menerima serangan bom lewat udara meski bom yang dijatuhkan tidak sejenis dengan bom atom di Nagasaki dan Hiroshima yang menyebabkan Kobe rata dengan tanah. Ketika hampir semua bangunan rata dengan tanah, Masjid Kobe masih tetap berdiri tegak dan hanya mengalami kerusakan yang terlalu berarti," ungkapnya.

Berikutnya pada tahun 1995, ketika terjadi bencana Gempa Bumi Besar Hanshin yang berkekuatan 7.3 skala richter mengguncang Kota Kobe. Gempa tersebut meratakan ratusan ribu bangunan. Untuk yang kedua kalinya Masjid Kobe menjadi satu-satunya bangunan yang masih berdiri kokoh di antara puing-puing bangunan sekitarnya.

(by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *