PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Ramai Soal Vespa Dahnil, Samsat Solo: Pajaknya Telat 4 Tahun 9 Bulan

          Ramai Soal Vespa Dahnil, Samsat Solo: Pajaknya Telat 4 Tahun 9 Bulan
Foto: Foto Dahnil Anzar Simanjuntak bersama Vespa di akun Twitternya.
Ramai Soal Vespa Dahnil, Samsat Solo: Pajaknya Telat 4 Tahun 9 Bulan
BENTENGSUMBAR.COM - Foto juru bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak di akun Twitternya menjadi perbincangan di media sosial. Namun warganet justru menyoroti Vespa miliknya.

Kendaraan Vespa Sprint 4 Speed itu disorot karena dianggap belum dipajaki sejak 2014. Padahal, pelat nomor AD 6335 BA di vespa tersebut tertulis angka 2022 yang berarti telah diganti pelatnya lima tahun sebelumnya.

Salah satu warganet mengetahui kondisi sepeda motor tersebut dari aplikasi Sakpole yang bisa diunduh secara gratis di ponsel pintar. Aplikasi tersebut memang dibuat oleh Samsat Jawa Tengah untuk memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan.

Dalam aplikasi itu, terlihat tunggakan pajak sepeda motor itu sampai 4 tahun 9 bulan.

detikcom meminta konfirmasi kepada Samsat Surakarta. Kasi Pajak Kendaraan Bermotor Samsat Surakarta, Nurma Riyanti, membenarkannya.

"Memang melalui aplikasi Sakpole memang bisa dilihat apakah kendaraan kita terlambat pajak. Kalau untuk pelat tersebut (AD 6335 BA) dapat dilihat kalau telat pajak," katanya saat dihubungi detikcom, Senin, 29 April 2019.

Secara umum, Nurma mengimbau kepada masyarakat umum agar lebih memperhatikan pajak kendaraan bermotornya. Sebab, Samsat bisa menghapus data pemiliknya jika terlambat bayar pajak.

"Apabila masa berlaku STNK sudah habis, yaitu 5 tahun, dan 2 tahun kemudian tidak diperpanjang, maka bisa dihapus datanya," tutupnya.

Sebelumnya Dahnil menjelaskan bahwa dirinya sedang mencari pemilik Vespa itu supaya bisa diurus surat dan pajaknya.

"Sudah dong (upaya memajaki dan mengurus STNK Vespa itu). Tapi harus cari data pemilik di surat. Itu yang saya minta ke teman-teman saya di Solo," kata Dahnil saat dimintai konfirmasi.

Dia mengaku membeli Vespa itu pada 2018 di Yogyakarta. Setelah dibelinya, Vespa itu kemudian dimodifikasi. Kini tinggal surat-suratnya saja yang perlu diurus. Kendala pengurusan surat-surat yang dialami Dahnil itu adalah kendala umum yang dihadapi pemilik sepeda motor tua.

"Dan itu baru dimodifikasi karena saya beli Vespa rongsok tahun 2018 lalu, dan rata-rata Vespa tua kondisinya begitu," kata Dahnil.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *