Sebanyak 23 Komoditi Sudah Bisa Diuji di UPTD BPMB Disperindag Sumbar

Sebanyak 23 Komoditi Sudah Bisa Diuji di UPTD BPMB Disperindag Sumbar
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sumatera Barat, Asben Hendri mengatakan, sebanyak 23 komoditi sudah bisa diuji di UPTD Balai Pengawas Mutu Barang dan Alat Ukur (BPMB). 

"UPTD BPMB merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) dibidang pengujian, sertifikat mutu dan kalibrasi. Pelaksanaan tugasnya bertanggung jawab penuh kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sumatera Barat," ungkapnya ketika dihubungi media ini.

Dikatakannya, saat ini UPTD BPMB menerapkan system manajemen mutu lab mengacu kepada SNI ISO/IEC 17025 2008, yaitu persyaratan umum kompetensi Laboratorium Pengujian dan Laboratorium Kalibrasi. 


Kantor UPTD BPMP di Jalan Belibis No 3 Air Tawar Padang.
Kantor UPTD BPMP di Jalan Belibis No 3 Air Tawar Padang.
Sedangkan Laboratorium Penguji Mutu Barang telah diakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN) BSN dengan nomor Sertifikat LP-012-IDN dan Laboratorium kalibrasi dengan nomor Sertifikat LK-046-IDN. 

"Untuk Laboratorium Penguji dan Laboratorium Kalibrasi dengan masa akreditasi berlaku 4 tahun dan setelah itu dilakukan akreditasi ulang," jelasnya.

23 komoditi yang sudah bisa diuji tersebut terdiri dari SIR (Standard Indonesian Rubber), Karet Konvensional, Gaplek, Minyak Sereh, Minyak Nilam, Minyak Kenanga, Minyak Akar Wangi, Lada Putih, Lada Hitam, Pala Fuli, dan Cassia Indonesia.


Minyak Nilam salah satu komoditi ekspor yang bisa diuji di UPTD BPMP.
Minyak Nilam salah satu komoditi ekspor yang bisa diuji di UPTD BPMP.

Selain itu, komoditi Kopi, Teh Hitam, Minyak Kayu Putih, Minyak Daun Cengkeh, Minyak Pala, Minyak Fuli, Minyak Cendana, Panili, Kayu Lapis Penggunaan Umum, Biji Kakao, Biji Pinang Bukan untuk obat.

Sedangkan Kalibrasi Peralatan ada sebanyak 40 alat yang bisa dikalibrasi yang terdiri dari Weight set / set, Weight set / Buah, Timbangan elektronik, timbangan mekanik, Top pan balance, Triple Bearn Balance, Moisture Balance, Vernier/Digital Calliper, Micrometer, Laboratory mill, Thickness Gauge, Ruler, Oven, Water Bath, Incibator, Refriferator, Muffle Furnance, Dryer, dan Termometer gelas. 

Selain itu juga ada Termometer Digital, Melting Point Apparatur, Auto Vlave, Thesmohigrometer, Plastimeter, Money Viscometer, Stop watch, tachometer, Gelas Ukur, Pipet Ukur, Dispenset, (Buret, Gelas Ukur, Dean Stirk), Dean Stark, Pinometer, Labu Ukur, Pipet Mohr, Moisture tester, PH Meter, Tubidity, Pressure Gauge, dan Tes Sieve.

"Untuk melakukan pengujian atau kalibrasi peralatan masyarakat dapat secara langsung mendatangi kantor UPTD BPMP di Jalan Belibis No 3 Air Tawar Padang, dengan tarif jasa sesuai Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Barat No 1 tahun 2016 tentang Retribusi Jasa Usaha," cakapnya.

(***)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »