PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Survei Alvara: Jokowi Kuasai Jawa Hingga Papua, Prabowo Cuma Dominan di Sumatera

          Survei Alvara: Jokowi Kuasai Jawa Hingga Papua, Prabowo Cuma Dominan di Sumatera
CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali.
Survei Alvara: Jokowi Kuasai Jawa Hingga Papua, Prabowo Cuma Dominan di Sumatera
BENTENGSUMBAR.COM - Lembaga survei Alvara Research Center mencatat elektabilitas Joko Widodo - KH Ma’ruf Amin (Jokowi - Ma’ruf) masih mengungguli Prabowo Subiantp - Sandiaga S Uno. Survei terakhir Alvara memperlihatkan elektabilitas Jokowi - Ma’ruf di angka 52,2 persen, sedangkan Prabowo - Sandi memiliki tingkat keterpilihan 38,8 persen.

"Masih unggul pasangan capres-cawapres 01 (Jokowi - Ma’ruf, red). Keunggulan elektabilitasnya hampir 14 persen," ucap CEO Alvara Research Center Hasanuddin Ali dalam paparan hasil survei bertajuk 3 Skenario Prediksi Hasil Akhir Pilpres 2019 di Jakarta dikutip dari JPNN, Jumat, 12 April 2019.

Merujuk survei Alvara, masih ada responden yang belum menentukan pilihan atau undecided voters. Angkanya mencapai 9 persen.

Hasanuddin menjelaskan, kecenderungan undecided voters jelang pencoblosan semakin menurun. Ketika angka undecided voters dibagi rata ke masing-masing pasangan calon maka elektabilitas Jokowi - Ma'ruf sebesar 57,2 persen, sedangkan Prabowo - Sandiaga pada angka 42,8 persen.

Hasanuddin menganggap elektabilitas Jokowi - Ma'ruf yang mengungguli Prabowo - Sandiaga merupakan hal wajar. Sebab, Jokowi - Ma'ruf unggul di Pulau Jawa dan Indonesia bagian timur.

"Jokowi - Ma'ruf masih memiliki elektabilitas tinggi di basis pemilih dengan suara terbanyak yaitu Pulau Jawa dan Indonesia bagian Timur. Sementara itu Prabowo - Sandiaga meraih keunggulan hanya di Sumatra," ungkap dia.

Berdasar survel Alvara, Prabowo - Sandi unggul hingga 66,7 persen di wilayah Sumatera I yang meliputri Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat dan Kepulauan Riau. Pada zona yang sama, elektabilitas Jokowi - Ma’ruf hanya 29 persen, sementara yang belum memutuskan ada 4,3 persen.

Untuk wilayah Sumatera Utara II yang meliputi Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Bengkulu, Lampung dan Bangka Belitung, lagi-lagi Prabowo - Sandi unggul dengan 49,1 persen. Sementara elektabilitas Jokowi - Ma’ruf pada zona yang sama cuma 35,9 persen. Sisanya ada 1 persen responden yang belum memutuskan.

Namun, Jokowi - Ma’ruf langsung menunjukkan dominasinya di wilayah Jawa I uang meliputi Banten, DKI Jakarta dan Jawa Barat. Elektabilitasnya mencapai 51,7 persen atau mengungguli Prabowo - Sandi dengan 42,4 persen. Namun, masih ada 5,9 persen responden yang belum memutuskan.

Selanjutnya di Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur yang termasuk zona Jawa II, keunggulan Jokowi - Ma’ruf lebih tinggi lagi karena mencapai 66,5 persen. Sementara Prabowo - Sandi cuma 18,8 persen, sedangkan yang belum memutuskan 14,7 persen.

Untuk wilayah Indonesia timur yang meliputi Kalimatan, Sulawesi, Balinusra, Maluku dan Papua, elektabilitas Jokowi di angka 52,3 persen. Sementara Prabowo - Sandi di angka 43,5 persen, serta ada 4,2 persen responden yang belum memutuskan.

Alvara melakukan survei pada 2 sampai 8 April 2019 dengan melibatkan 2.000 responden berusia 17 tahun ke atas dan memiliki hak pilih di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling itu memiliki rentang kesalahan atau margin of error 2,23 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

(by)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *