Tipu Pengusaha, Caleg Gerindra di Sukabumi Ditangkap Polisi

Tipu Pengusaha, Caleg Gerindra di Sukabumi Ditangkap Polisi
BENTENGSUMBAR.COM - Polisi menangkap Teddy Setiadi, calon legislatif (caleg) di Kabupaten Sukabumi dari Gerindra, karena diduga terlibat perkara penipuan proyek borongan di Pasar Semi Modern Parungkuda Sukabumi. Teddy diduga menipu seorang pengusaha berinisial JM senilai Rp 636 juta rupiah.

Polisi menyita sejumlah barang bukti di antaranya surat perjanjian jual beli ruko dan barang bukti lainnya. "Satu bundel rekapitulasi proyek, nota pesanan barang senilai Rp 636 juta, dua lembar cek masing-masing bernilai Rp 300 juta dan Rp 350 juta dan dua lembar surat keterangan penolakan cek," kata Kasatreskrim Polres Sukabumi AKP Yadi Kusyadi saat dikonfirmasi, Sabtu, 13 April 2019.

Teddy, peserta Pileg 2019, itu disangkakan melanggar Pasal 378 KUHPidana tentang Penipuan yang ancaman hukumannya maksimal empat tahun penjara. "Bersangkutan berstatus sebagai caleg Dapil II (di Kabupaten Sukabumi) dari Gerindra," ujar Yadi menambahkan.

Kapolres Sukabumi AKBP Nasriadi mengatakan Teddy ditangkap di Kota Sukabumi, pada Jumat, 12 April 2019 sore. "Dia kita tangkap saat bersama rekan-rekannya," kata Nasriadi kepada detikcom melalui sambungan telepon.

Informasi dihimpun, peristiwa penipuan itu terjadi pada 13 Agustus 2018 silam. Teddy, yang kini berstatus tersangka, memberikan pekerjaan proyek borongan kepada korban untuk menjadi sub kontraktor proyek di Pasar Semi Modern Parungkuda. Setelah proyek rampung dikerjakan, Teddy tak kunjung membayar uang tunai, melainkan dengan satu unit ruko di area pasar tersebut. 

Saat itu, antara keduanya dibuatkan perjanjian jual-beli ruko. "Harga ruko include dengan pajak bernilai total Rp 650 juta, ternyata pada bulan Januari 2018 diketahui ruko itu dijual kembali oleh tersangka kepada orang lain," ujar Nasriadi.

"Nah diduga untuk mengelabui korban, tersangka mengeluarkan dua lembar cek yang saat akan dicairkan oleh korban ternyata ditolak oleh pihak bank karena tidak ada dananya," kata Nasriadi menambahkan.

Dikonfirmasi terpisah, pengurus Gerindra Kabupaten Sukabumi masih menelusuri informasi tersebut. "Saya baru dapat kabar. Saya akan coba cek kebenarannya dulu," ucap Ketua DPC Gerindra Kabupaten Sukabumi Yudha Sukmagara melalui telepon.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »