Wagub Nasrul Abit: Pelatihan Kebencanaan Bentuk Keseriusan Pemerintah

Wagub Nasrul Abit: Pelatihan Kebencanaan Bentuk Keseriusan Pemerintah
BENTENGSUMBAR.COM - Pelatihan dalam menghadapi bencana harus terus ditingkatkan sebagai bentuk keseriusan dalam menghadapi bencana terlebih daerah Sumbar memiliki ancaman gempa yang besar. 

Demikian disampaikan Wagub Sumbar Nasrul Abit pada acara Table to exercise (TTX), Command Post Exercise (CPX) dan pengenalan Field Training Exercise (FTX) di Padang Kamis, 4 April 2019. 

Ia mengatakan, potensi ancaman gempa di Sumbar adalah Megathrust Mentawai. Dikatakannya, saat ini berdasar perkiraan para ahli, kekuatan gempa apabila Megathrust Mentawai lepas, mencapai 8,9 Skala Richter dan memicu tsunami dengan kecepatan gelombang mencapai 800 kilometer per jam.

"Dengan kecepatan itu, diperkirakan tsunami sampai di daratan Kota Padang antara 20 sampai 27 menit pasca gempa terjadi. Sedangkan di daratan Mentawai tsunami antara 3 sampai 7 menit.

Nasrul Abit meminta kepada aparatur pemerintah sejak dini memberikan edukasi dan sosialisasi kepada warga agar lebih siap dalam menghadapi bencana. Edukasi yang dilakukan pemerintah kota Padang dengan sistem ke rumah rumah warga dinilai efektif. Saat ini edukasi dari rumah ke rumah sudah mencapai 30.000 rumah warga berikut 100 sekolah.

"Berarti Kota Padang sudah berbuat langsung dilapangan," kata Nasrul.

Pelatihan Table to exercise (TTX), Command Post Exercise (CPX) dan pengenalan Field Training Exercise (FTX) ini membahas rencana kontingensi tsunami provinsi Sumbar (peningkatan simulasi dan pelatihan kebencanaan 2019).

(by)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »