PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

DPRD Padang Terima Kunjungan 2 Anggota DPRD Kuantan Singingi

          DPRD Padang Terima Kunjungan 2 Anggota DPRD Kuantan Singingi
Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas, Protokoler dan Publikasi Sekretariat DPRD Kota Padang, Elfauzi menerima tamu dari DPRD Kuantan Singingi.
DPRD Padang Terima Kunjungan 2 Anggota DPRD Kuantan Singingi
BENTENGSUMBAR.COM - Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas, Protokoler dan Publikasi Sekretariat DPRD Kota Padang, Elfauzi menerima tamu dari DPRD Kuantan Singingi Provinsi Riau, Selasa, 30 April 2019. Mereka adalah Asnidar dari Partai Golkar dan Raden dari PKPI.

Asnidar dan Raden mengatakan, kedatangan mereka dalam rangka sharing informasi dan koordinasi tentang makin kompleksnya kewenangan dewan.

Dikatakannya, dengan kompleksnya kewenangan yang dijalankan oleh DPR, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota dalam melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan, maka diperlukan sistem pendukung yang kuat dan profesional.

"Kebutuhan sistem pendukung tersebut dapat dilakukan dengan adanya jabatan fungsional baru dengan tugas menganalisis berbagai peraturan perundang-undangan yang ada," ujarnya.

Menurutnya, analis peraturan perundang-undangan merupakan keniscayaan agar tugas-tugas lembaga perwakilan dapat berjalan secara optimal. Beberapa kalangan menilai bahwa jumlah peraturan perundang-undangan yang ada sudah terlalu banyak (hyper regulation) serta menimbulkan disharmonisasi dan ketidakpastian hukum.

Perancang peraturan perundang-undangan (legislative drafter) lebih fokus pada tugas perancangan peraturan perundang-undangan dan tidak pada analisa perundang-undangan yang berlaku dan dampaknya. Sedangkan tenaga ahli cenderung fokus hanya pada dukungan keahlian di bidang tertentu atau pemberian dukungan pribadi dari anggota tertentu.

(by/susi)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *