PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Pemuda Katholik Ikut Amankan Pelaksanaan Salat Id di Blitar

          Pemuda Katholik Ikut Amankan Pelaksanaan Salat Id di Blitar
Pemuda Katholik Ikut Amankan Pelaksanaan Salat Id di Blitar
Pemuda Katholik Ikut Amankan Pelaksanaan Salat Id di Blitar
BENTENGSUMBAR.COM - Kerukunan sesama umat beragama tampak Rabu, 5 Juni 2019 pagi. Di depan Masjid Raya Miftahul Jannah Wlingi, berjajar pemuda dari Gereja Santo Petrus Paulus. Mereka membantu pihak kepolisian mengamankan pelaksanaan salad Idul Fitri 1440 Hijriah. 

Sebanyak tujuh mudika (muda mudi Katholik) tampak terlibat langsung mengatur arus lalu lintas di depan masjid. Memakai rompi berwarna orange, dibagian bakang rompi itu bertuliskan Gereja Katholik Wlingi. Mereka juga ikut panitia salat mengatur shaf salat yang telah disediakan rapi. 

"Ini sudah tradisi kami. Ketika ada saudara umat beragama lain mengadakan perayaan hari raya, kami akan membantu semampu kami. Utamanya untuk pengamanan. Seperti sekarang, kami bergabung dengan panitia dan polisi supaya pelaksanaan Salat Idul Fitri berlangsung aman, damai dan lancar," kata koordinator pemuda Katholik Geraja Santo Petrus Paulus, Iwan, pada detikcom, Rabu, 5 Juni 2019.

Harmoni indah memang selalu terlihat nyata di Wlingi, Kabupaten Blitar. Dalam setiap moment perayaan hari raya umat beragama, semua bersatu padu saling nyengkuyung (mendukung, membantu) agar pelaksanaan perayaan berlangsung aman, damai dan lancar. 

Pada perayaan Nyepi beberapa bulan lalu, pemuda Banser juga ikut mengamankan pelaksanaan upacara yang disentralkan di Wlingi. 

Pukul 06.29 wib, ribuan umat muslim memadati areal Masjid Miftahul Jannah. Karena disinilah pelaksanaan salat Idul Fitri 1440 Hijriah secara resmi dilaksanakan oleh Pemkab Blitar. 

Hadir Bupati Blitar Rijanto dan Kapolres Blitar AKBP Anissullah M Ridha serta forkopimda. Bupati Blitar bersyukur, Salat Idul Fitri 1440 Hijriah bisa sebagai media menjalin silaturahmi. Tak hanya antar umat Islam, namun juga antar umat beragama lain. 

"Alhamdulillah, kita bisa melaksanakan Salat Idul Fitri 1440 Hijriah pagi ini. Setelah bersama kita lalui perjalanan demokrasi yang berat. Namun berkat kerjasama kita semua, masalah bisa teratasi dengan aman dan damai. Saya juga sangat bangga, kehadiran saudara-saudara dari umat agama lain yang ikut mengamankan salat hari ini. Semoga jalinan kerukunan ini akan semakin memperindah kehidupan beragama di Kabupaten Blitar," pungkasnya.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *