PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Mobil-mobil 'Made in Indonesia' Makin Laris di Luar Negeri

          Mobil-mobil 'Made in Indonesia' Makin Laris di Luar Negeri
Mobil-mobil 'Made in Indonesia' Makin Laris di Luar Negeri.
Mobil-mobil 'Made in Indonesia' Makin Laris di Luar Negeri
BENTENGSUMBAR.COM - Terjadinya momen besar, Pemilu 2019, disebut-sebut jadi penyebab utama menurunnya penjualan mobil domestik Indonesia di awal-awal tahun ini. Tapi hal itu tampaknya tidak terjadi di level pasar ekspor.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut, ekspor mobil rakitan Indonesia mengalami pertumbuhan sangat positif.

"Jadi bisa dicatat, tahun 2018 ekspor Indonesia tumbuh 14 persen dibanding tahun 2017. Dan di 2019 ini tumbuh hampir 20 persen dibanding 2018, sampai dengan Mei 2019," kata Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi.

Nangoi melihat, pertumbuhan pasar ekspor yang pesat menunjukkan pasar luar tidak terpengaruh oleh kontestasi politik yang sedang menghangat di Tanah Air.

"Kita lihat ekspor kita bertumbuh dengan pesat, jadi ini menunjukkan bahwa kondisi politik dalam negeri yang membuat jadi konsumsi domestik terganggu. Sementara angka ekspor masih baik," lanjutnya lagi.

Sebelumnya di kesempatan lain Sekretaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara pernah berkata jika ekspor mobil Indonesia sepanjang 2019 ini sudah mencatat angka 90 ribuan. Gaikindo menargetkan sampai akhir tahun bisa ekspor mobil secara utuh (CBU) hingga 300 ribu unit.

"Pasar otomotif dunia begitu luasnya dan kita sudah mengekspor ke 80 negara. Kami harap mendapat dukungan dari pemerintah maupun prinsipal untuk membuka market baru, agar angka ekspor dan negara tujuan ekspor bertumbuh," pungkas Nangoi. 

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *