Penelitian: Penghapusan di Media Sosial Efektif Potong Gerakan Ekstrimis

Penelitian: Penghapusan di Media Sosial Efektif Potong Gerakan Ekstrimis
BENTENGSUMBAR.COM - Sebuah penilitian oleh Global Research Network tentang Terorisme dan Teknologi menyebutkan, situs media sosial menghapus kelompok-kelompok ekstremis telah membuktikan cara yang efektif untuk menghancurkan basis penggemar mereka.

Dalam penelitian itu menemukan bahwa kelompok-kelompok radikal tidak perlu berkembang di platform alternatif begitu mereka telah dihapus dari arus utama.

Ketika Facebook menghapus kelompok sayap kanan Britain First, ia memiliki 1,8 juta pengikut di situs tersebut dan merupakan halaman Facebook kedua yang paling disukai dalam kategori politik dan masyarakat di Inggris, setelah Keluarga Kerajaan.

Kelompok ini direformasi di Gab, yang merupakan situs alternatif populer untuk kelompok sayap kanan, dan sekarang hanya memiliki 11.181 pengikut.

"Ini merupakan kehilangan pengikut yang sangat besar dan menjangkau kelompok itu," kata laporan itu dilansir The National.

"Serta jatuhnya keterlibatan online, larangan dari platform media sosial utama telah meninggalkan Britanian First tanpa pintu gerbang ke kumpulan calon yang lebih besar, atau kemampuan untuk mengarahkan pengguna ke situs-situs seperti Gab," tambahnya.

Facebook melarang kelompok itu untuk pelanggaran persyaratan layanan setelah para pemimpinnya, Paul Golding dan Jayda Fransen, dihukum karena kejahatan rasial. Britain First dilarang dari Twitter pada Desember 2017.

Makalah, yang disebut Mengikuti Whack-A-Mole: Strategi Visual Britania Pertama dari Facebook ke Gab, ditulis oleh para peneliti di Universitas Swansea.

Laporan itu mengatakan perusahaan media sosial arus utama harus terus menghapus kelompok-kelompok ekstremis yang melanggar persyaratan layanan mereka.

Dikatakan bahwa pelarangan kelompok dari platform utama adalah efektif karena mengurangi kemampuan kelompok untuk mengarahkan pengikut ke konten yang lebih ekstrem dan membatasi kumpulan calon mereka yang potensial.

Laporan ini menyerukan kepada pemerintah Inggris dan AS untuk bekerja menuju hubungan yang lebih baik dengan platform yang lebih baru, lebih kecil dan lebih terbatas sehingga konten dapat diatur di situs-situs ini.

Pada bulan April, pemerintah Inggris meluncurkan buku putih yang telah lama ditunggu-tunggu tentang bahaya online, yang berupaya membuat para direktur perusahaan media sosial secara pribadi bertanggung jawab atas perilaku pengguna.

Ini mengikuti pembantaian Christchurch di Selandia Baru di mana teroris menyiarkan rekaman langsung penembakan masjid di Facebook selama 17 menit.

Di bawah proposal pemerintah Inggris, perusahaan akan dikenakan sanksi jika mereka gagal menghentikan pelecehan anak, atau mencegah pengguna melihat atau berbagi konten ekstremis.

Setelah serangan Christchurch, Facebook meluncurkan penumpasan besar-besaran pada kelompok-kelompok ekstremis dan pada bulan April menghapus kelompok dan orang lain karena melanggar kebijakannya.

Standar Komunitas Facebook menyatakan bahwa tidak mengizinkan organisasi atau individu yang terlibat dalam `kegiatan teroris` atau `kebencian terorganisir`, dan bahwa setiap konten yang menyatakan dukungan atau pujian untuk keduanya akan menghasilkan penghapusan.

Gab, yang memiliki platform lebih kecil dari 850.000 pengguna, kini telah menjadi forum bagi kaum radikal. Itu digunakan untuk mengirim komentar benci oleh penembak Pittsburgh Robert Bowers sebelum dia menembak 11 orang di AS tahun lalu.

Penulis laporan telah mengungkapkan bahwa sejak pindah ke Gab, citra Britain First menjadi lebih ekstrem. Disarankan agar penelitian di masa depan menyelidiki bagaimana strategi media sosial ini berkembang.

(Source: jurnas.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »