PADANG

SUMBAR

Iklan Bapenda

Pengurus Wilayah PAN Ingin Bersama Jokowi, Bagaimana dengan Amien Rais?

          Pengurus Wilayah PAN Ingin Bersama Jokowi, Bagaimana dengan Amien Rais?
Politisi Senior Partai Amanat Nasional (PAN), Amien Rais.
Pengurus Wilayah PAN Ingin Bersama Jokowi, Bagaimana dengan Amien Rais?
BENTENGSUMBAR.COM -  Elite PAN mengklaim sebagian besar pimpinan wilayah partainya ingin agar PAN bersama pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin kelak. Lalu bagaimana dengan pengaruh senior PAN Amien Rais?

Sebagaimana diketahui, Amien Rais dikenal sebagai sosok yang vokal mengkritik Jokowi. Pengaruh Amien jelas nyata di lingkungan partai berlambang matahari ini.

"Pak Amien Rais pendiri partai, sangat dihormati. Dan Pak Amien Rais adalah seorang yang bijaksana," kata Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi kepada wartawan, Rabu, 3 Juli 2019.

Viva menjelaskan, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PAN untuk menentukan sikap oposisi atau berkoalisi dengan Jokowi akan digelar akhir Juli atau awal Agustus nanti. Namun, dia mengungkapkan, sekitar 30 pimpinan DPW PAN bersama pimpinan DPP PAN sudah berdiskusi informal dengan Ketua Umum Zulkifli Hasan. Hasilnya, sebagian besar mendukung PAN bersama pemerintahan Jokowi.

"Sebagian besar menyatakan bahwa PAN perlu fokus memperbaiki internal, menyiapkan proses perkaderan, menata konsolidasi organisasi. Ketiga, membuat program-program kerakyatan yang bersifat advokasi. Dan keempat, lebih baik bersama-sama dengan pemerintah membangun bangsa dan negara," tandas Viva.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay menyatakan peta aspirasi internal PAN belum terlihat. Masing-masing tentu punya pandangan. Namun PAN akan berupaya sesuai dengan aspirasi masyarakat.

"PAN berupaya agar tak mengecewakan masyarakat. Misalnya, masyarakat ingin dilayani dengan benar, ingin PAN berbuat sesuatu untuk memberdayakan mereka. Termasuk apakah masyarakat ini senang atau tidak senang PAN bergabung dengan pemerintah, atau oposisi. Kita perlu mendengar dulu secara objektif untuk menentukan sikap politik yang akan diambil," kata Saleh.

Soal pengaruh Amien Rais, Saleh menilai gagasan tokoh reformasi itu senantiasa diperhitungkan. Meski begitu, Amien juga bersedia mendengar pendapat dari kader-kader seluruh Indonesia.

"Beliau Ketua Dewan Kehormatan, tentu saja sangat didengar dan sangat berpengaruh. Kita juga akan mendengar arahan beliau seperti apa," kata Saleh.

"Dan teman-teman daerah juga berhak menyampaikan pandangan mereka terhadap Pak Amien. Nggak apa-apa. Pak Amien kan suka mendengar juga, Pak Amien sangat demokratis. Baru setelah itu kita sama-sama mengkaji yang terbaik untuk PAN," kata Saleh.

(Source: detik.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *