Ini Penjelasan Istana Soal Pidato Kenegaraan Jokowi Tak Singgung Penuntasan Kasus HAM

Ini Penjelasan Istana Soal Pidato Kenegaraan Jokowi Tak Singgung Penuntasan Kasus HAM
BENTENGSUMBAR.COM - Dalam sidang tahunan MPR dan sidang bersama DPD-DPR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menyinggung penuntasan kasus hak asasi manusia (HAM). Pihak Istana memberikan penjelasan.

"Pidato kan yang disampaikan adalah kerangka besar dan yang utama dalam 5 tahun ke depan. Beliau menekankan yang utama berkaitan dengan human resources atau human capital. Jadi memang penekanan pada pidato presiden kali ini adalah di sana, bukannya persoalan mengenai HAM," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Sabtu, 17 Agustus 2019.

Pramono mengatakan, masalah HAM tidak menjadi hal utama saat ini. Pramono menambahkan, yang utama saat ini lebih ke pembangunan manusia.

"Karena praktis persoalan HAM, yang memang semua negara memiliki persoalan HAM, tapi tidak menjadi hal yang terutama pada saat ini. Pada saat ini, kalau kita mau keluar dari negara menengah menjadi negara maju, maka persoalan human capital menjadi utama. Jadi pidato itu mengenai human capital," jelas Pramono.

Adapun fokus pemerintah di lima tahun mendatang adalah pembangunan SDM berkualitas. Itu merupakan janji kampanye Jokowi.

"Maka pemerintah saat ini sedang menyiapkan talent mapping kemudian dan juga terutama di pariwisata, tenaga kerja yang terampil," kata Pramono.

Sebelumnya, Komnas HAM menyayangkan pidato kenegaraan Jokowi dalam sidang bersama anggota DPD-DPR tak menyinggung penuntasan pelanggaran HAM. Komnas HAM menilai pidato Jokowi tak lagi menitikberatkan pada penyelesaian pelanggaran HAM.

"Sangat disayangkan pidato presiden saat ini tidak lagi menjadikan penyelesaian pelanggaran HAM yang berat sebagai narasi politik kenegaraan Presiden. Hal yang sangat memprihatinkan karena Presiden memberikan sinyal mundur dalam penyelesaian pelanggaran HAM yang berat," kata komisioner Komnas HAM, Choirul Anam, dalam keterangannya, Jumat, 16 Agustus 2019.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »