Cerita di Balik Video Haru Xanana Gusmao Cium Kening BJ Habibie

Cerita di Balik Video Haru Xanana Gusmao Cium Kening BJ Habibie
BENTENGSUMBAR.COM - Video mantan Presiden Timor Leste, Xanana Gusmao, menjenguk dan mencium kening BJ Habibie saat masih hidup viral di media sosial. Begini cerita di balik momen haru itu.

Momen itu terjadi di rumah sakit pada Agustus 2019. Awalnya, Xanana mengundang Habibie untuk menghadiri peringatan 20 tahun referendum Timor Leste pada 30 Agustus 2019. Namun, Habibie tak bisa hadir karena sakit.

"Karena keadaan beliau sedang berbaring di RS, sehingga kami batalkan. Xanana sendiri yang hadir ke Jakarta," kata Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto, di rumah duka, Patra Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis, 12 September 2019.

Dalam video yang viral, Habibie berbaring dan Xanana duduk di samping ranjang sambil menggenggam tangannya. Xanana lalu mencium kening Presiden ke-3 RI itu. Xanana lalu meletakkan kepalanya di ranjang dan dipeluk erat oleh Habibie. Rubijanto mengungkap perbincangan keduanya saat itu.

"Pembicaraan ya sangat disayangkan sekali bapak tidak bisa menghadiri karena kesehatannya di mana di Timor-timor sudah disiapkan untuk acara-acara yang cukup berterima kasih dari Timor Leste," jelasnya.

Rubijanto juga menceritakan kedekatan Habibie dan Xanana. Seperti diketahui, BJ Habibie menjabat sebagai Presiden RI pada 21 Mei 1998-20 Oktober 1999. Referendum Timor Leste terjadi pada Agustus 1999.

"Ketika itu Xanana kan pada masa bapak menjabat sebagai presiden awal, bapak menghendaki seluruh tahanan dikeluarkan termasuk tahanan politik. Pak Xanana salah satu di antaranya. Dengan demikian, Xanana sangat terima kasih karena beliau tidak tahu menahu, tapi dikeluarkan oleh Pak Habibie," ucap Rubijanto.

"Dengan demikian kita bayangkan betapa terharunya dengan kebijakan dan keputusan Pak Habibie," pungkasnya.

(Source: detik.com)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »