PADANG

SUMBAR

Iklan 728x90px

Melalui Industri 4.0, Jokowi Harap 10 Juta Lapangan Kerja Tercipta di 2030

          Melalui Industri 4.0, Jokowi Harap 10 Juta Lapangan Kerja Tercipta di 2030
Foto: Presiden Joko Widodo (Jokowi). Melalui Industri 4.0, Jokowi Harap 10 Juta Lapangan Kerja Tercipta di 2030.
Melalui Industri 4.0, Jokowi Harap 10 Juta Lapangan Kerja Tercipta di 2030
BENTENGSUMBAR.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap ada tambahan 10 juta lapangan kerja di tahun 2030. Pemerintah akan menggenjot implementasi roadmap industri 4.0 untuk mewujudkan target tersebut.

"Saya harapkan tambahan 10 juta lapangan pekerjaan di 2030 betul-betul diciptakan dengan ini," katanya saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Selasa, 3 September 2019.

Jokowi mengatakan, roadmap penerapan industri 4.0 telah diluncurkan sejak April 2018. Percepatan implementasi ini juga untuk menghadapi perubahan global yang begitu cepat. "Terutama datangnya revolusi industri jilid keempat betul-betul jelas, terukur, terintegrasi," ungkapnya.

Di sisi lain langkah yang harus ditempuh adalah Indonesia harus berani melakukan perubahan, melakukan berbagai lompatan dan terobosan. "Dimulai dari perbaikan regulasi yang tidak sinkron, peningkatan kualitas SDM, membangun ekosistem inovasi industri yang baik. Peningkatan insentif-insentif untuk investasi di bidang teknologi. Mendesain ulang zona-zona industri sampai dengan perbaikan alur aliran bahan materialnya," paparnya.

Jokowi juga meminta agar perubahan-perubahan itu betul-betul secara nyata dilakukan, terutama di lima sektor industri prioritas. "Lima sektor industri prioritas yang sudah sering kita bicarakan yaitu di industri makanan dan minuman, tekstil dan busana, automotif, kimia dan elektronik," tuturnya.

Selain dapat meningkatkan lapangan kerja, Presiden yakin penguatan ini dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) secara signifikan.

"Mendorong peningkatan ekspor dan investasi. Dan juga tidak kalah pentingnya adalah peningkatan lapangan pekerjaan baru yang bisa menampung lebih banyak lagi tenaga-tenaga kerja di negara kita," pungkasnya.

(Source: sindonews.com)
Sebelumnya
« Prev Post
Selanjutnya
Next Post »
Loading...
loading...

Komentar Anda:

Formulir Kontal

Nama

Email *

Pesan *