Menhan Ryamizard: TNI Ditarik, Besok Papua Merdeka

Menhan Ryamizard: TNI Ditarik, Besok Papua Merdeka
BENTENGSUMBAR.COM -  Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu mengenang pernyataan Presiden ke-5 Indonesia Megawati Soekarnoputri terkait kondisi keamanan di Papua saat rapat bersama Komisi Pertahanan DPR RI. Pendapat Megawati itu yang ia jadikan pegangan dalam menyikapi situasi di Papua saat ini.

Ia menuturkan, pada 2004 Megawati pernah datang ke Papua berbicara tentang bahaya jika personel TNI ditarik dari sana. "Seribu kali pejabat gubernur Papua diganti, Papua tetap di sana, tapi satu kali TNI ditarik dari Papua, besok Papua merdeka," kata Ryamizard menirukan ucapan Mega di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 5 September 2019.

Atas dasar itu, Ryamizard pun mempertanyakan sikap pihak-pihak yang mendesak agar personel TNI ditarik dari Bumi Cenderawasih. "Ini apa maksudnya," ujarnya.

Menurut Ryamizard, kerusuhan yang terjadi di Papua belakangan ini terindikasi dimanfaatkan oleh kelompok separatis yang ingin pisah dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Ia pun meminta hal ini disikapi secara seksama agar ke depan tidak terjadi hal yang sama.

Ia mengatakan di beberapa tempat di Papua aksi pemisahan diri dari NKRI dibarengi dengan aksi kekerasan bersenjata. "Idealnya dilakukan secara persuasif, namun bila tak diindahkan semestinya dilakukan secara pendekatan militer, khususnya melalui operasi militer selain perang," ujarnya.

Ryamizard menjelaskan sejatinya Kementerian Pertahanan tidak mengenal nomenklatur kelompok kriminal bersenjata (KKB). Kelompok yang ada di Papua, kata dia, adalah kelompok pemberontak bersenjata yang ingin pisah dari Indonesia.

(Source: tempo.co)

Silakan baca konten menarik lainnya dari BentengSumbar.com di Google News
BERITA SEBELUMNYA
« Prev Post
BERITA BERIKUTNYA
Next Post »